• Jumat, 17 September 2021

Tips Bagaimana Putar Balik Mobil yang Benar

- Selasa, 2 Maret 2021 | 08:10 WIB
istimewa
istimewa

BAGI para pengemudi pemula, teknik berkendara yang benar dan aman wajib untuk dipelajari. Termasuk bagaimana cara melakukan putar balik yang benar, agar tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Mesti terdengar sepele, putar balik termasuk cukup sulit untuk dilakukan, apalagi di area yang sempit. Karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar, serta melakukan teknik yang benar agar lebih aman.

Daihatsu pun memberikan tips bagaimana cara putar balik mobil yang benar.

Secara umum terdapat dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu Three Point Turn dan U Turn yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada saat Anda berkendara.

Sesuai namanya, Three Point Turn adalah teknik maju mundur ketika melakukan putar balik, dimana mobil melakukan tiga titik penghentian. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Jadi, cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik ini.

Untuk melakukannya, kita harus mengatur transmisi ke gigi satu lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil. Misalnya mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan.
Setelahnya, kita harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Nah, Anda bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Sedangkan pada teknik U Turn, umumnya lebih mudah dilakukan dibandingkan Three Point Turn, Sebab dengan U Turn, Anda bisa putar balik secara langsung.

Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika Anda ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi satu. Jangan terburu-buru menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB

iPhone 13 Pro Siap Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kamis, 16 September 2021 | 13:46 WIB

Sinopsis Sinetron Cinta Amara Hari Ini 16 September 2021

Kamis, 16 September 2021 | 12:05 WIB
X