• Jumat, 22 Oktober 2021

Kreativitas Guru Bikin Konten Edukasi via TikTok

- Kamis, 11 Maret 2021 | 09:45 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Setelah diumumkan pada Hari Guru Indonesia tahun lalu, platform video pendek TikTok berhasil merampungkan rangkaian pelatihan untuk para guru, dengan berkolaborasi bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI).

Pelatihan untuk memaksimalkan pemanfaatan TikTok di kegiatan belajar mengajar ini diikuti oleh lebih dari 2.000 guru di 10 wilayah di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Pelatihan yang memberikan berbagai tips praktis tentang cara membuat konten edukasi di TikTok serta bagaimana para guru dapat berperan menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan internet anak didiknya ini mendapat sambutan antusias dari para guru.

"Sejalan dengan misi kami untuk memberdayakan para pengajar dengan kemampuan digital, pelatihan ini dapat menjadi bekal pagi para anggota IGI dan JSDI agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan tetap relevan bagi anak didiknya," kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum JSDI, dalam keterangan tertulisnya.

Para guru peserta ini langsung menerapkan ilmu yang didapat saat pelatihan dan membuat konten kreatif di TikTok untuk nantinya membantu para pelajar dalam memahami pelajaran.

Berikut adalah beberapa konten kreatif dari para guru yang mengikuti pelatihan ini:

- Belajar Matematika dengan Cara Menyenangkan

Belajar matematika dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan melalui video singkat. Salah satunya dengan video dari Budi Santoso yang mengajar di salah satu SMP di Provinsi Maluku.

Budi telah mengunggah beberapa video tentang matematika dengan format yang simpel dan menyenangkan dengan menambahkan fitur-fitur seperti musik, teks, dan stiker. Bahkan video hitung cepat matematikanya sudah memiliki lebih dari 3.000 views.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Tips Hilangkan Nyeri Sendi dari Dokter Zaidul Akbar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:44 WIB
X