• Minggu, 24 Oktober 2021

Posisi Mengemudi yang Baik Menurut Rifat Sungkar

- Jumat, 12 Maret 2021 | 10:45 WIB
istimewa
istimewa

KESELAMATAN dan kenyamanan mengemudi mobil bisa dilihat dari beragam faktor, salah satu yang tak kalah penting yaitu cara dan posisi mengemudi itu sendiri.

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting, tanpa mengindahkan aturan yang aman dan asal nyaman saja. Namun, terdapat cara dan aturan yang aman dalam posisi duduk saat mengemudi.

Apabila cara dan posisi mengemudi sudah benar, maka Anda pasti akan merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar, memberikan tips mengenai posisi duduk dan mengemudi yang benar. Apa saja?

1. Posisi Ergonomis

"Saat mengemudi itu paling penting adalah soal posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat," jelas Rifat.

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.

2. Posisi Tangan

Posisi tangan berperan penting, karena selama perjalanan tangan adalah organ yang mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X