• Jumat, 17 September 2021

Neanderthal Punya Kemampuan Seperti Manusia Modern

- Jumat, 12 Maret 2021 | 11:00 WIB

INILAH,  Jakarta - Sebuah riset terbaru mengungkapkan bahwa Neanderthal memiliki kemampuan untuk mendengar dan menghasilkan ucapan dengan cara yang sangat mirip dengan manusia modern.

Dalam studi tersebut, para peneliti evolusi dan antropologi menggunakan CT scan resolusi tinggi untuk membandingkan model 3D virtual dari struktur telinga pada Homo Sapiens dan Neanderthal, manusia purba yang dianggap sebagai kerabat manusia modern.

Para peneliti menemukan bahwa jauh dari gagasan tradisional tentang geraman manusia gua, Neanderthal memiliki kemampuan yang sama untuk menghasilkan suara ucapan seperti manusia modern dan sistem pendengaran mereka juga sebaik kita.

Telinga Neanderthal 'disetel' untuk menangkap frekuensi suara seperti telinga manusia modern.

Riset yang dibuat oleh para ilmuwan dari Spanyol dan AS ini juga mengungkapkan bahwa Neanderthal, seperti manusia, mampu menikmati bandwidth pendengaran yang lebih luas dan bisa membedakan sebagian besar sinyal suara yang berlainan.

Kemampuan membedakan sinyal-sinyal suara ini memungkinkan mereka untuk menggunakannya ke dalam sistem komunikasi lisan mereka.

"Ini benar-benar kuncinya. Adanya kemampuan pendengaran yang serupa, terutama bandwidth, menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki sistem komunikasi yang serumit dan seefisien cara bicara manusia modern," kata Mercedes Conde-Valverde, profesor paleoantropologi di Universidad de Alcala di Spanyol yang menjadi penulis utama dalam laporan hasil riset ini, seperti dilansir Independent.

Para peneliti mengatakan bahwa Neanderthal tampaknya mampu menghasilkan kata-kata sederhana yang digunakan manusia modern, seperti 'halo' atau 'oke'. Juga kata-kata lainnya yang memiliki arti bagi mereka.

Manusia modern dan Neanderthal adalah spesies dari genus yang sama, yakni Homo, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda. Ada bukti bahwa keduanya melakukan kawin silang sampai batas tertentu puluhan ribu tahun yang lalu.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB

iPhone 13 Pro Siap Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kamis, 16 September 2021 | 13:46 WIB

Sinopsis Sinetron Cinta Amara Hari Ini 16 September 2021

Kamis, 16 September 2021 | 12:05 WIB
X