• Kamis, 23 September 2021

Qlue Kini Siap Rambah Pasar Internasional

- Jumat, 2 April 2021 | 17:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Qlue sebagai perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia telah hadir dengan sejumlah pencapaian yang signifikan. Pada 2020 lalu, Qlue sukses mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 70% dibandingkan tahun sebelumnya.

Rama Raditya selaku Founder & CEO of Qlue mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan teknologi yang sudah hadir pada Qlue dan akan menggarap pasar luar negeri.

"Qlue tentunya akan merespon peluang tersebut dengan melakukan implementasi solusi smart city di negara maju seperti Jepang. Ini membuktikan teknologi buatan Indonesia mampu bersaing di level internasional," ujar Rama dalam keterangannya.

Teknologi Artificial Intelligence (Al) dan Internet of Things (IoT) sendiri terdiri dari Qlue Dashboard, Qlue Sense, Qlue Thermal, Qlue Work, dan Qlue Vision. "Meskipun namanya banyak, tapi mekanisme produk Qlue jadi satu kesatuan. 'Bisa dibilang produk kami telah memberikan dampak positif," tambahnya.

Salah satu fitur yang kini sangat membantu masyarakat ialah fitur laporan yang berkaitan dengan fasilitas publik seperti adanya titik banjir, pungutan liar, pelanggaran, jalan rusak, dan masih banyak lagi. Rama menuturkan bahwa laporan-laporan masyarakat pada aplikasi Qlue akan direspon petugas terkait kurang lebih 2-3 jam.

"Ada laporan notifikasi ke pengguna. Benar-benar mengubah transformasi digital pelanggan. Begitu ditindak lanjut ada laporan juga ke notifikasi pengguna. Ini transparansi untuk publik, seluruh kota. Harapannya bisa membentuk Indonesia yang lebih aman," terangnya.

Beralih ke Qlue Thermal, fitur ini telah banyak membantu pemerintah dan gedung-gedung perkantoran umum guna menekan penyebaran COVID-19 dengan melakukan tes PCR secara langsung kepada pengunjung di tempat.

Sementara itu, Andre Hutagalung selaku Co-Founder dan CTO of Qlue juga turut mengungkapkan bahwa teknologi yang sudah diterapkan oleh Qlue di tahun 2020 antara lain face recognition, people counting, LPR, dan VCC & Illegal Parking.

Untuk ke depannya, Qlue dikabarkan akan mengeluarkan teknologi terbaru bernama Smart Mobility yang masuk ke dalam Qlue Sense dimana lampu lalu lintas akan disesuaikan dengan jumlah mobil. "Kalau sekarang berdasarkan jadwal, kendaraan sedikit timer lampu hijau sebentar, sehingga bisa menguras kemacetan," tutur Andre.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X