• Minggu, 17 Oktober 2021

Bisnis Makanan dan Minuman Lewat Startup

- Senin, 5 April 2021 | 09:00 WIB
ilustrasi
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Startup bidang makanan dan minuman masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, terutama di tengah perkembangan ekonomi digital.

Hal ini membuat jumlah pelaku bisnis makanan dan minuman semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun, mempertahankan bisnis makanan dan minuman tidak mudah.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir jumlah penambahan UMKM rata-rata setiap tahun mencapai 1,4 juta pada 2010-2017.

Tak terbayang jumlahnya saat ini jika semua orang beralih menjadi wirausahawan. Tentu persaingan bisnis semakin ketat.

Karena itu, pelaku usaha perlu untuk mengasah ide dan inovasi produk masing-masing. Prinsipnya, agar mendapat tempat di hati konsumen.

Hal ini disadari Accelerice Indonesia, akselerator bisnis makanan dan minuman pertama di Indonesia.

Perusahaan yang hadir sejak Maret 2019 lalu itu bertujuan memberdayakan dan meningkatkan UMKM, termasuk menjadi pusat inovasi, hingga pusat pengetahuan pangan Indonesia bagi calon wirausahawan makanan dan minuman.

Melalui FSIA, 10 startup terpilih menjalani program selama 3,5 bulan yang terbagi dalam empat tahap, yakni introduction (1 minggu), business deep dive with industry experts (10 minggu), general business coaching, market validation dan internal pitching (4 minggu), dengan puncak acara Demo Day (1 hari) yang sekaligus menjadi penutup rangkaian program FSIA 4.

Selain itu, beberapa pakar industri dari perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, seperti Nestl Indonesia, Indofood, dan Mayora Group, juga turut memberikan mentoring eksklusif yang membahas beberapa aspek penting dalam industri makanan dan minuman, sehingga para startup dapat semakin inovatif dalam menjalankan bisnisnya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Terkini

ShopeePay Kembali Hadirkan Google Play Festival

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:15 WIB

Kick Avenue Kembali Gelar Festival KA Fair

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Catat! Tips Aman Menggunakan Pembayaran Digital

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:00 WIB
X