• Sabtu, 27 November 2021

Mengenal Manfaat Minyak Atsiri

- Rabu, 14 April 2021 | 11:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH,  Jakarta - Prof. Dr Irmanida Batubara Msi, peneliti natural resource, kepala pusat studi bio farmaka tropika LPPM IPB memaparkan, minyak atsiri merupakan minyak yang dihasilkan cengkeh dan pala.

"Minyak atsiri memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, karena terkandung senyawa aktif di dalamnya, seperti antibakteri, antivirus, antijamur, analgesic, merangsang selera makan, bahkan dapat berfungsi sebagai penghilang bau badan," papar Prof. Dr Irmanida Batubara Msi, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (13/04/2021).

Rempah Nusantara diketahui telah membentuk peradaban dunia sejak ribuan tahun lalu, berawal dari penemuan segenggam cengkih pada wadah keramik yang terbakar di gurun pasir Suriah, di tepi sungai Efrat pada era Raja Yadihk-Abu yakni sekitar 1721 SM.

Padahal cengkih merupakan tanaman yang tumbuh di daerah Maluku.

Pemanfaatan kekayaan rempah nusantara juga dikatahui dari relief candi Borobudur yang menggambarkan potret masyarakat saat itu sedang meracik jamu, bahkan peneliti LIPI mengungkap adanya 63 spesies tanaman kuno di relief candi Borobudur yang kala itu dimanfaatkan masyarakat Nusantara sebagai rempah guna diambil khasiatnya.

Prof. Dr Irmanida Batubara Msi menambahkan, minyak atsiri sejak lama digunakan dalam berbagai hal, baik itu sebagai pengobatan serta ritual keagamaan.

Menghirup minyak atsiri juga dapat menurunkan kadar stress seseorang, karena kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah.

"Senyawa aktif yang terkandung dalam minyak atsiri apabila dihirup dapat menurunkan kadar stress pada tubuh, serta mebuat laju detak jantung lebih teratur. Sehingga tubuh seseorang yang menghirupnya menjadi lebih rileks." tambah Prof. Dr Irmanida Batubara Msi.

Dia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memanfaatkan kekayaan rempah yang dimiliki bangsa ini, tentunya dengan didukung oleh sains agar pemanfaatannya tetap aman.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Kompetisi kopi COE pertama Asia digelar oleh Indonesia

Sabtu, 27 November 2021 | 10:40 WIB

Komposer Musikal Stephen Sondheim Tutup Usia

Sabtu, 27 November 2021 | 09:42 WIB
X