• Sabtu, 18 September 2021

Keunggulan Cat Oven untuk Bodi Mobil

- Rabu, 28 April 2021 | 10:30 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Istilah cat oven biasanya ditemukan di bengkel perbaikan bodi mobil. Cat oven disebut lebih unggul karena menggunakan teknik yang lebih baik.

Cat oven merupakan teknik pengecatan mobil yang menggunakan fasilitas ruangan tertutup khusus layaknya sebuah oven yang biasa disebut dengan paint booth. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan proses pengecatan yang lebih bersih.

Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Roni Agung mengatakan, kualitas pengerjaan body & paint dipengaruhi oleh sumber daya manusia, material dan peralatan. Oven termasuk dalam peralatan tersebut. Dalam konteks layanan body & paint, menurut dia, keberadaan oven menjadi sangat penting untuk hasil yang berkualitas.

"Pengerjaan menggunakan oven bertujuan untuk sterilisasi dan kebersihan. Pada proses pengecatan bodi mobil di dalam ruang oven akan terbebas dari berbagai debu dan kotoran," jelas Roni dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

-

 

Hal ini berbeda dengan pengecatan yang dilakukan di ruang terbuka, di mana debu kerap menempel pada permukaan bodi yang akan sehingga hasil pengecatan kurang baik.

"Ditambah dengan pemanas di ruang oven juga membuat hasil cat lebih kering dengan sempurna," kata Roni.

Fungsi oven selain untuk sterilisasi kotoran, yakni untuk 'mematangkan' atau mengeringkan lapisan cat yang diaplikasikan.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

7 Film yang Bisa Temani 'Berkeliling Indonesia' di Rumah

Sabtu, 18 September 2021 | 09:24 WIB

5 Tips agar Akhir Pekanmu Lebih Bahagia

Sabtu, 18 September 2021 | 08:38 WIB

5 Resep Sarapan Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

Sabtu, 18 September 2021 | 08:13 WIB

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB
X