• Selasa, 21 September 2021

Syuting Film Pakai Smartphone? Ini Tipsnya

- Senin, 3 Mei 2021 | 11:15 WIB
istimewa
istimewa

SUTRADARA ternama Indonesia, Joko Anwar, yang juga merupakan salah seorang vivo X-Figure, berbagi inspirasi bagaimana dia menggunakan smartphone vivo X60 Series 5G untuk merekam gambar.

"Teknologi smartphone dengan kamera canggih seperti vivo X60 Pro 5G sangat membantu eksplorasi dan penuangan ide-ide saya dalam membuat film," kata Joko, dalam keterangan pers vivo.

Dia melihat berbagai fitur yang ada di smartphone bisa dimanfaatkan untuk keperluan syuting, baik untuk vlog maupun film pendek.

Ketika ingin membuat film pendek dengan smartphone, menurut Joko, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ide cerita, skenario yang menarik dan unik untuk diproduksi. Sineas 45 tahun ini menyarankan untuk mencari referensi gambar, video, dan moodboard untuk dituangkan ke dalam storyboard.

Joko memberikan contoh tema yang bisa diangkat selama bulan Ramadan ini, seperti momen berbuka puasa dan kebersamaan saat Hari Raya Idul Fitri.

Hal kedua yang harus dilakukan, menurut Joko, adalah mengenali lokasi pengambilan gambar untuk menentukan kamera, alat dan fitur yang tepat untuk syuting. Misalnya ketika merekam adegan berlari, manfaatkan fitur Gimbal Stabilization di vivo X60 Pro 5G agar gambar tidak buram walaupun objek bergerak. Atau ketika ingin mengambil foto objek yang bergerak, nyalakan fitur Pro Sport Mode.

"Agar rangkaian cerita dalam film pendek beragam, usahakan mengambil gambar di berbagai suasana dan waktu, termasuk malam hari," kata Joko.

"Ketika mengambil gambar di malam hari, nyalakan mode malam seperti Ultra-Wide Night Mode dan HDR Super Night Portrait agar gambar jernih meski pun dalam kondisi cahaya redup," lanjut dia.

Menurut Joko, saat ini smartphone mampu membantu penggunanya untuk menuangkan ide cerita sampai mengambil gambar ketika membuat vlog dan film pendek. (inilah.com)

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Strategi Produk Fesyen Lokal Bertahan di Tengah Pandemi

Minggu, 19 September 2021 | 14:18 WIB
X