• Jumat, 24 September 2021

Progate-Kemdikbud Geber Program Studi Coding

- Kamis, 8 Juli 2021 | 08:30 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Program Kampus Merdeka dinilai merupakan jawaban untuk mendorong pemberdayaan mahasiswa, sekaligus beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19.

Progate, platform pembelajaran coding daring mendukung program Kampus Merdeka melalui kemitraan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Dalam program Kampus Merdeka ini, Progate merancang khusus program studi bertemakan "Kecerdasan dan Kepemimpinan Digital melalui Coding" yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital Indonesia yang berkualitas unggul dan siap kerja.

Program pelatihan senilai 20 SKS (setara dengan satu SKS semester penuh) yang dilakukan sepenuhnya secara online ini melatih mahasiswa dengan materi yang relevan untuk dapat meningkatkan keahlian digital yang sangat dibutuhkan industri dalam era digital saat ini.

"Dalam program studi ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan dasar teori, melainkan juga kesempatan untuk membuat berbagai proyek berbasis coding, sebagai implementasi nyata dari ilmu yang telah dipelajarinya," kata Country Manager Progate Indonesia, Norman Ganto, dalam keterangan resminya.

Menurut Norman, perkembangan teknologi dan industri teknologi di Indonesia masih merupakan awal dari potensi yang begitu besar di masa depan. Dengan demografi yang dimiliki Indonesia, ditambah keseriusan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi digital, tentu akan menjadi daya tarik bagi investor untuk memperluas bisnisnya di Indonesia.

"Untuk dapat menjawab peluang ini, Indonesia membutuhkan ratusan ribu talenta digital berkualitas setiap tahunnya. Program Kampus Merdeka ini adalah inisiatif yang brilian karena dengan metode pembelajaran yang online, akan membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa secara nasional untuk dapat mengembangkan skill mereka di bidang ini," ucap Norman.

Norman menambahkan, sejalan dengan visi dan misi Pemerintah, Progate mendorong potensi pertumbuhan startup digital di Indonesia dengan meningkatkan jumlah talenta digital yang berkualitas. Kerja sama Progate dengan Kemdikbud Ristek dalam inisiasi Kampus Merdeka akan menghasilkan 3.750 talenta digital baru yang dapat meningkatkan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0.

"Program ini dirancang bagi siapapun yang tertarik untuk dapat bekerja di industri digital atau teknologi. Mahasiswa dari jurusan apapun dapat dan disarankan untuk mengikuti program ini karena kurikulum yang diterapkan tidak hanya tentang belajar coding, melainkan juga tentang bagaimana menjadi seorang profesional dengan digital dan growth mindset," tandas Norman.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Viral Video Pemalakan Berkedok Yatim Piatu

Jumat, 24 September 2021 | 20:40 WIB

Tokocrypto Umumkan Kemitraan Strategis dengan Bekind

Jumat, 24 September 2021 | 19:30 WIB

Strategi Pemasaran Digital Bisa Bantu UMKM Tumbuh

Jumat, 24 September 2021 | 19:07 WIB

10 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Jumat, 24 September 2021 | 09:51 WIB
X