• Minggu, 24 Oktober 2021

Mengenal Beragam Jenis dan Trik Fotografi Portrait

- Senin, 12 Juli 2021 | 09:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Fotografi portrait adalah teknik fotografi yang menangkap gambar orang sebagai subjek foto secara dekat atau dengan latar belakang blur atau berbeda. Namun, portrait juga sering digunakan saat ini untuk berbagai macam gaya.

Berikut adalah berbagai jenis dan trik pengambilan fotografi portrait, seperti dikutip dari siaran resmi OPPO.

Self Portrait

Ini adalah salah satu jenis fotografi yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu orang yakni si pemotret. Teknik ini sekarang lebih dikenal dengan nama swafoto (selfie).

Bagi seorang fotografer pemula, teknik self portrait bisa menjadi salah satu cara untuk belajar fotografi secara otodidak, bahkan dengan menggunakan smartphone.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan tripod untuk menghilangkan tampilan swafoto dan lengan yang diperpanjang. Gunakan timer pada smartphone agar Anda bisa lebih kreatif menghasilkan foto.

Portrait tradisional sering kali menggambarkan subjek yang melihat ke arah kamera atau berpose. Seringkali, portrait tradisional dilakukan di studio dengan latar belakang atau background yang formal.

Genre ini cenderung menyukai komposisi portrait yang paling tradisional.

Jenis fotografi portrait ini umumnya hanya mencakup kepala dan bahu subjek, meskipun ini bukan aturan yang mutlak. Fotografer biasanya akan memilih background berwarna solid, dan penekanan foto terutama pada wajah subjek.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X