• Minggu, 26 September 2021

Ragam Cara Orang Tua Beri Rasa Bangga pada Anak, Penting untuk Pertumbuhan

- Minggu, 25 Juli 2021 | 19:45 WIB

INILAH, Jakarta- Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Ratih Ibrahim membagikan beragam cara bagi para orang tua untuk mengekspresikan rasa bangga pada anaknya sehingga buah hatinya bisa bertumbuh dan berkembang dengan optimal menjadi pribadi yang unggul.

Mengekspresikan rasa bangga pada anak diperlukan agar anak merasa dihargai dan memiliki kepercayaan diri dan bisa masuk ke dunia sosial tanpa rasa takut.

“Pertama ada physical touch. Orang tua nih ayah dan bunda bisa memberikan sentuhan kepada anak misalnya mengelus pipinya, bercanda dengan cara digelitiki, atau bisa juga dipeluk. Itu bisa menunjukan rasa bangga pada anak,” kata founder Personal Growth tersebut dalam sebuah webinar dikutip Minggu.

Ratih mencontohkan misalnya pada saat anak berhasil menendang bola pertamanya, ketika anak memperlihatkan kemampuannya itu orang tua bisa memberikan pelukan untuk memberikan rasa apresiasi.

Cara memberikan apresiasi pada anak lainnya dengan cara memberikan pujian atau dikenal dengan istilah word of affirmation.

Memberikan pujian seperti, “Wah pintar ya kamu nak menghabiskan makanannya,” atau “Kamu hebat bisa menendang bolanya jauh, kaki kamu kuat ya,” bisa memberikan anak rasa percaya diri dan menumbuhkan keinginannya untuk mengasah kemampuan yang dipuji oleh orang tuanya itu.

Sama halnya dengan orang dewasa pemberian pujian kepada anak juga memberikan rasa bahagia pada individu.Cara ketiga orang tua untuk menunjukan rasa bangga dan kasih sayangnya adalah dengan memberikan quality time.

Quality time adalah investasi yang paling berharga yang bisa dilakukan orang tua untuk menunjukkan rasa syukur dan juga rasa bangga atas kehadiran buah hati.

Di momen pembatasan kegiatan di luar rumah dan mengharuskan orang tua dan anak bertemu 24/7, orang tua tetap bisa memberikan quality time untuk keluarganya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Viral Video Pemalakan Berkedok Yatim Piatu

Jumat, 24 September 2021 | 20:40 WIB

Tokocrypto Umumkan Kemitraan Strategis dengan Bekind

Jumat, 24 September 2021 | 19:30 WIB

Strategi Pemasaran Digital Bisa Bantu UMKM Tumbuh

Jumat, 24 September 2021 | 19:07 WIB

10 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Jumat, 24 September 2021 | 09:51 WIB
X