• Jumat, 17 September 2021

Rumah Sehat Resmi Beroperasi di Masing-masing Kelurahan di Surabaya

- Rabu, 28 Juli 2021 | 20:30 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Rumah sehat atau tempat isolasi bagi warga terpapar Covid-19 resmi mulai beroperasi di masing-masing kelurahan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkot Surabaya, camat dan lurah, beserta seluruh warga Surabaya. Ini merupakan ikhtiar kita semua," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat pembukaan rumah sehat yang dilakukan secara simbolis dalam apel di Balai Kota Surabaya, Rabu.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa beras, masker, dan oximeter kepada camat untuk kemudian disalurkan ke setiap rumah sehat yang ada di wilayahnya masing-masing.

Setelah melaksanakan apel, Eri beserta jajaran Forkopimda Surabaya kemudian meninjau salah satu rumah sehat yang berada di Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng. Di sana, ia melihat langsung kesiapan sarana prasarana yang tersedia di rumah sehat tersebut.

"Pendirian rumah sehat di setiap kelurahan ini bertujuan untuk melindungi warga di masing-masing kelurahan dari penularan Covid-19," ujarnya.

Ia mencontohkan, ketika di satu kampung terdapat warga yang terpapar Covid-19 dan tidak bergejala, maka bisa diarahkan ke rumah sehat untuk isolasi mandiri, sedangkan untuk warga yang memiliki gejala sedang, akan dirawat ke Asrama Haji.

Sementara itu, bagi warga yang memiliki gejala berat, akan langsung dirawat di rumah sakit, baik itu rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun rumah sakit darurat.

"Ini bukan tempatnya ambulans dan bukan tempatnya yang sakit. Tapi ketika di kampungnya ini ada yang terpapar Covid-19, namun tidak memiliki gejala bisa diajak ke rumah sehat. Sehingga warga sekitar kampung bisa aman," katanya.

Eri menjelaskan, dengan adanya rumah sehat di setiap kelurahan, maka pemkot dapat segera memisahkan dan memberi penanganan kepada warga yang terpapar Covid-19. Sehingga penularan Covid-19 di kampung tersebut dapat dicegah.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB

iPhone 13 Pro Siap Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kamis, 16 September 2021 | 13:46 WIB
X