• Senin, 25 Oktober 2021

Awas! Jangan Tidur Kurang dari 6 Jam Jika Enggan Terkena Penyakit Ini

- Minggu, 12 September 2021 | 09:26 WIB
 (Antara Foto)
(Antara Foto)

INILAHKORAN, BANDUNG- Beberapa orang mungkin sering mengalami gejala insomnia dan tidur kurang dari enam jam semalam. Hal ini mungkin akan menyebabkan gangguan kognitif yang lebih tinggi.

Gangguan kognitif merupakan gangguan dan kondisi yang mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Masalah yang ditimbulkan seperti memiliki kesulitan dengan ingatan, persepsi, dan belajar.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Penn State College of Medicine. Hasilnya dapat membantu profesional perawatan kesehatan memahami pasien mana yang melaporkan insomnia yang berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan demensia.

Dilansir dari Medical Xpress, Minggu 12 September 2021, insomnia ditandai dengan laporan kesulitan tidur, kesulitan untuk tetap tidur, atau bangun terlalu pagi dan tidak dapat kembali tidur.

Jika gejala ini muncul setidaknya tiga malam dalam seminggu dan setidaknya selama tiga bulan, itu dianggap sebagai gangguan kronis.

Baca Juga: Resep Roti Panggang Bayam, Menu Sarapan yang Dijamin Anti Ribet

Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang melaporkan insomnia dan memperoleh kurang dari enam jam tidur terukur di laboratorium memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki gangguan kognitif dibandingkan orang dengan keluhan insomnia yang sama yang tidur enam jam atau lebih di laboratorium.

Hasil studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Sleep pada 24 September.

Menurut Julio Fernandez-Mendoza, Profesor Psikiatri dan Spesialis Kesehatan Perilaku dan Tidur di Penn State Health Sleep Research and Treatment Center, sekitar 25% dari populasi umum orang dewasa melaporkan gejala insomnia dan 10% lainnya menderita insomnia kronis.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X