• Jumat, 17 September 2021

Makanan dan Minuman untuk Sarapan yang Bisa Dikonsumsi Saat Perut Kembung

- Selasa, 14 September 2021 | 08:04 WIB
ilustrasi
ilustrasi
 
INILAHKORAN, Bandung - Perut kembung saat bangun tidur tentu akan mengganggu aktivitas Anda.
 
Menurut John Hopkins Medicine, kembung dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, salah satunya dari makanan yang dikonsumsi.
 
Dalam beberapa kasus, makan makanan tertentu sebenarnya bisa membantu mengatasi kembung. Cobalah makanan sarapan non-kembung yang direkomendasikan oleh ahli diet untuk memulai hari Anda dengan mudah.
 
 
Dikutip dari Livestrong, berikut lima makanan untuk sarapan yang bisa dikonsumsi saat perut kembung.
 
1. Nanas
 
Natrium ekstra mungkin menjadi penyebab di balik pembengkakan perut Anda. Dalam hal ini, ahli diet Chelsey Amer, RDN , merekomendasikan untuk menambahkan makanan tinggi kalium seperti nanas ke dalam sarapan Anda.
 
"Kalium adalah penangkal natrium dalam tubuh Anda dan akan membantu mengeluarkan air untuk menghilangkan kembung secepatnya," kata Amer.
 
 
2. Oatmeal
 
Ketika datang kembung, orang terkadang mewaspadai serat. Tetapi penting untuk dipahami bahwa ada dua jenis serat: larut dan tidak larut . Bergantung pada alasan di balik kembung Anda kata ahli diet Melanie Klesse, RD.
 
Klesse merekomendasikan oat instan daripada oat potong baja yang lebih hangat saat Anda kembung. "Oat instan memiliki tekstur yang lebih lembut dan dipotong terlebih dahulu selama pemrosesan, yang berarti lebih cepat kosong dari perut, sehingga mengurangi kemungkinan kembung."
 
 
3. Pisang
 
Pisang kaya akan potasium dan serat larut, menjadikannya pilihan sarapan yang baik.
 
Kalium dalam pisang dapat membantu mengatur kelebihan natrium dalam tubuh Anda dan menghilangkan pembengkakan yang berhubungan dengan retensi cairan.
 
4. Air
 
Sesederhana kelihatannya, mulailai hari Anda dengan meminum segelas air. Air dapat melakukan keajaiban untuk perut kembung Anda . Jika tubuh Anda menahan air dari makanan asin pada malam sebelumnya, air minum sebenarnya dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan.
 
Air juga dapat membantu jika kembung Anda disebabkan oleh sembelit. "Serat larut menyerap air, yang cenderung melunakkan feses dan memudahkan buang air besar," kata Klesse. Jadi, jika Anda makan banyak serat, pastikan Anda minum cukup air.
 
5. Air Kelapa
 
Kelapa penuh dengan potasium. Meskipun meminum air kelapa sendiri dapat membantu menghilangkan kembung, mencampurkannya dengan makanan penurun kembung lainnya juga merupakan ide yang cerdas.
 
Cobalah memadukan smoothie tropis dengan air kelapa, pisang, nanas, dan beberapa sayuran hijau.***(Firda Rachmawati)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB
X