• Jumat, 17 September 2021

Masjid Jami Tine Tang, Wujud Bakti kepada Orang Tua dan Harmoni Keberagaman

- Rabu, 15 September 2021 | 18:26 WIB
Masjid Jami Tine Tang
Masjid Jami Tine Tang

INILAHKORAN, Bandung - Masjid yang terletak di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road ini cukup menarik perhatian masyarakat. Hal itu karena arsitekur dan namanya yang unik, bergaya Tionghoa dan diberi nama Masjid Jami Tine Tang. Masjid tersebut diresmikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada 8 April 2021 lalu.

Pengusaha jalan tol, Mohammad Jusuf Hamka sebagai pemrakarsa pembangunan masjid ini menuturkan bagaimana cerita dibalik pemberian nama masjid dan kenapa harus Airlangga yang meresmikannya.

Jusuf Hamka yang juga akrab disapa Babah Alun menceritakan, masjid tersebut dari awal memang dia yang membangun. Sebelumnya Jusuf juga sudah membangun masjid bergaya oriental di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Papanggo, lalu di kolong tol Ir Wiyoto, Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, dan satu satu lagi di pinggiran Tol Depok-Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan. Semuanya ia beri nama Masjid Babah Alun.

Masjid di Tol Lingkar Luar Bogor ini rencana awalnya akan menjadi Masjid Babah Alun yang ke empat.

Namun suatu ketika, Jusuf yang juga menjadi salah satu staf khusus Menko Perekonomian, mendapat pertanyaan dari Menko Perekonomian Airlangga yang saat itu baru melewati Masjid yg tengah dibangunnya.

"Suf, itu masjid siapa sih?"

"Oh, masjid saya, Pak, saya yang mau buat," ujar Jusuf Hamka.

Airlangga saat itu mengatakan bahwa ia juga punya niatan ingin membangun masjid untuk kedua orang tuanya, Hartini dan almarhum Hartarto Sastrosunarto. Airlangga juga mengaku tertarik pada masjid yang dibangun Jusuf.

Karena mengenal cukup baik keluarga orang tua Airlangga, Jusuf menjawab, "Oh, iya. pakai aja kalau memang Bapak mau. Tapi, apa bapak mau masjid yang arsitekturnya oriental seperti ini?" kata Jusuf.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB
X