• Jumat, 17 September 2021

MK Tegaskan soal Sita Barang Kredit Tanpa Proses PN, Apa Tanggapan Leasing?

- Rabu, 15 September 2021 | 22:06 WIB
Ilustrasi (ANTARA/HO)
Ilustrasi (ANTARA/HO)

INILAHKORAN, Jakarta - Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor atau leasing, yang merupakan anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Mandiri Tbk. memberikan tanggapan terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menegaskan bahwa eksekusi penyitaan barang kredit dari debitur bisa dilakukan tanpa melalui proses pengadilan negeri (PN).

Direktur MTF William Francis mengatakan putusan MK tersebut sebenarnya merupakan sebuah penegasan terhadap peraturan yang sudah ada.

"Untuk putusan MK, kami akan mengikuti sesuai aturan," ucap William.

Dia mengatakan, selama ini pihaknya melakukan proses penarikan barang kredit sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Ketuk Palu, MK: Alih Status Pegawai KPK melalui TWK Tetap Konstitusional

Senada dengan William, Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila menyatakan bahwa putusan MK tersebut merupakan penegasan bahwa pelaksanaan eksekusi sertifikat jaminan fidusia melalui pengadilan negeri hanya sebagai alternatif.

"Putusan MK No.2/PUU-XIX/2021 merupakan penegasan bahwa pelaksanaan eksekusi sertifikat jaminan fidusia melalui PN sesungguhnya hanyalah sebagai sebuah alternatif yang dapat dilakukan dalam hal tidak ada kesepakatan antara kreditur dan debitur berkaitan dengan wanprestasi maupun penyerahan secara sukarela objek jaminan," ujar Dewa kepada Antara, dimuat Rabu.

Dewa mengatakan bahwa Adira Finance berkomitmen menjalankan bisnis sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku, termasuk menghormati dan menjalankan putusan MK tersebut.

Baca Juga: Masjid Jami Tine Tang, Wujud Bakti kepada Orang Tua dan Harmoni Keberagaman

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segudang Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jumat, 17 September 2021 | 10:08 WIB

Keren! Tim Basket Raffi Ahmad Bakal Mentas di IBL 2022

Jumat, 17 September 2021 | 08:57 WIB

Layanan VoLTE Telkomsel Kini Hadir di 219 Kota

Jumat, 17 September 2021 | 08:14 WIB

UMKM Sukses E-commerce Bagikan Tips di Tengah Pandemi

Kamis, 16 September 2021 | 19:47 WIB
X