• Rabu, 20 Oktober 2021

Ahli Imunologi Beri Saran agar Sarapan Ini Lebih Sering

- Kamis, 16 September 2021 | 08:46 WIB
 foto: pixabay
foto: pixabay
 
INILAHKORAN,  Bandung - Para ahli imunologi menyarankan agar lebih sering sarapan dengan smoothie, seperti bayam, kangkung. jus lemon, mangga, atau stroberi.
 
Apabila Anda sedang program diet, smoothie  menjadi minuman yang cocok dikonsumsi saat sarapan.
 
Dilansir Livestrong, Kamis 16 September 2021, Klinik Cleveland mengungkapkan bahwa diet yang Anda jalani berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima, membantu melindungi Anda dari racun dan infeksi.
 
 
"Makanan nabati yang berwarna-warni, khususnya buah-buahan dan sayuran, adalah landasan untuk diet anti-inflamasi, kaya antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan Anda," kata Casey Kelley, MD , seorang ahli imunologi, pendiri dan direktur medis Case Integrative Health .
 
Inilah mengapa memadukan smoothie dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dan membuat Anda tetap sehat.
 
Berikut ini alasan mengapa Anda harus mengonsumsi smoothie di pagi hari.
 
 
1. Anda Akan Mendapatkan Banyak Vitamin C
 
Sangat mudah untuk memasukkan vitamin C ke dalam smoothie melalui buah-buahan dan sayuran. "Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C, D dan E dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh," kata Sanjeev Jain, MD , seorang ahli imunologi bersertifikat di Columbia Asthma & Allergy Clinic.
 
Vitamin C membantu melindungi sel-sel Anda dari efek radikal bebas berbahaya (molekul yang dihasilkan ketika tubuh Anda mencerna makanan atau terpapar tembakau, sinar matahari, dan sumber lainnya), menurut Mayo Klinik
 
 
2. Anda akan mendapat asupan vitamin A dan vitamin B
 
Kedua zat gizi mikro ini penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda. "Secara pribadi, saya mencoba makan sesuatu yang mengandung vitamin A dan B setiap pagi," kata Dr. Kelley. 
 
"Smoothies bisa menjadi cara yang mudah dan cepat untuk mendapatkan semua nutrisi penting Anda bersama-sama setiap pagi," katanya.
 
Satu cangkir potongan nanas mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B9. Sementara itu, mangga adalah sumber vitamin A.
 
 
3. Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak serat
 
Serat dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dalam smoothie Anda akan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda dengan memperkuat kesehatan usus Anda.
 
Diet tinggi serat dan kaya tumbuhan mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan mikroba sehat, menurut Harvard TH Chan School of Public Health .
 
Mikroba tersebut memecah serat (kadang disebut prebiotik, karena mereka memberi makan mikroba) menjadi asam lemak rantai pendek yang merangsang aktivitas sel kekebalan.*** Firda Rachmawati
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X