• Rabu, 20 Oktober 2021

Tips Pakai Masker dalam Waktu yang Lama agar Tidak Iritasi

- Kamis, 16 September 2021 | 15:08 WIB
Siswa saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 1 Margahayu, Jalan Raya Kopo, Kabupaten Bandung, Senin 6 September 2021.  (syamsuddin nasoetion)
Siswa saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 1 Margahayu, Jalan Raya Kopo, Kabupaten Bandung, Senin 6 September 2021. (syamsuddin nasoetion)

INILAHKORAN, Bandung - Selama pandemi Covid-19, memakai masker adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus.

Petugas kesehatan terbiasa memakai masker untuk prosedur tertentu atau untuk interaksi pasien tertentu. Namun dalam banyak kesempatan, mereka harus memakai masker dalam waktu lama.

Bukan hanya penyedia layanan kesehatan, yang lain juga sekarang diharuskan memakai masker saat bekerja dan menjalankan tugas.

Baca Juga: Dukung Percepatan Pengendalian Covid-19, Bodrex Sebar Lebih dari 2,5 Juta Masker

Saat ini pemakaian masker menjadi rutinitas, sehingga kemungkinan kulit akan mengalami Maskne, yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan jerawat, di area yang dikenakan masker. Ini adalah istilah yang baru diciptakan untuk era masker wajah Covid-19.

Penggunaan masker yang berkepanjangan dapat menyebabkan iritasi, luka, kemerahan, jerawat dan setelah terjadi peradangan kulit akan menggelap. Area ini menjadi sensitif saat disentuh karena pelindung kulit rusak dan saraf sensorik menjadi lebih sensitif karena peradangan. Bahkan menyengat jika Anda mengoleskan krim atau lotion apa pun.

Selain menyebabkan iritasi, penggunaan masker dengan waktu yang lama akan memperparah jerawat, masker dapat memperburuk atau memicu kondisi kulit yang menyebabkan wajah kemerahan dan bersisik.

Baca Juga: Sambangi Warga Plumbon, Brimob Polda Jabar Edukasi Soal Prokes dan Bagikan Masker

Kerusakan kulit terkait masker hanya pada beberapa orang. Biasanya, kulit berada dalam keadaan seimbang dengan udara luar.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X