• Minggu, 17 Oktober 2021

Jangan Latah Ikut-ikutan Budaya Childfree, Psikolog UM Bandung: Menikah itu Ibadah

- Jumat, 17 September 2021 | 10:44 WIB
Psikolog UM Bandung Novy Yulianty. (Istimewa)
Psikolog UM Bandung Novy Yulianty. (Istimewa)

 

INILAHKORAN, Bandung- Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) Novy Yulianty menyatakan sikapnya yang tidak setuju dengan budaya childfree (menikah tanpa memiliki anak). Menurutnya, hal itu menyelisihi syariat islam.

Novy Yulianty mengatakan, childfree merupakan keputusan yang diambil secara sadar oleh pasangan untuk tidak memiliki anak atau keturunan.

"Menurut saya itu kembali lagi kepada pasangan tersebut. Memang pada dasarnya keputusan pasangan suami-istri untuk memiliki anak tidak bisa sembarangan. Artinya orang tua perlu terlebih dahulu memastikan bahwa dirinya siap menjadi ayah dan ibu," kata Novy Yulianty, Jumat 17 September 2021.

Baca Juga: Keren! Episode Terakhir 'Hospital Playlist 2' Capai Rating Tertinggi Sepanjang Musim

Novy Yulianty mengakui di lapangan banyak ditemukan masalah terkait pengasuhan yang penyebabnya tak lain lantaran ketidaksiapan pasangan suami-istri menjadi orang tua.

”Namun, saya pribadi tidak setuju dengan childfree karena selain dengan adanya anak akan membuat pernikahan lebih bahagia, juga terkait pemahaman saya secara Islam. Karena upaya untuk memiliki keturunan dengan menikah menjadi sebuah ibadah dalam mencari Ridho Allah dan berharap berkah dari doa anak saleh setelah orang tua meninggal,” tutur Novy Yulianty.

Dosen UM Bandung ini kembali menegaskan bahwa banyak faktor mengapa ada di antara pasangan suami-istri mengambil keputusan childfree.

Pertama, bisa jadi karena ketidakmampuan berperan menjadi ayah dan ibu. Kedua, mungkin ada masalah ekonomi serius sehingga dengan sengaja menunda bahkan memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Baca Juga: Sejarah Baru IBL, Kompetisi 2022 Diikuti 16 Tim Salah Satunya Milik Raffi Ahmad

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ShopeePay Kembali Hadirkan Google Play Festival

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:15 WIB

Kick Avenue Kembali Gelar Festival KA Fair

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Catat! Tips Aman Menggunakan Pembayaran Digital

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:00 WIB
X