• Kamis, 28 Oktober 2021

Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit, Bisa untuk Obati Jerawat

- Jumat, 17 September 2021 | 21:22 WIB
Kunyit (Alodokter.com)
Kunyit (Alodokter.com)

INILAHKORAN, Bandung - Selain jadi bumbu dapur, ternyata kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi dan memiliki efek terapeutik pada kulit. Komponen aktif yang kuat di dalam kunyit seperti curcumin dan polifenol, mampu membantu memerangi jerawat, menyembuhkan kulit dan menenangkan kulit yang meradang.

Kunyit juga dapat membantu melawan pigmentasi kulit, sehingga membebaskan Anda dari stres akibat bekas jerawat.

Baca Juga: Begini Tips Racik Jahe, Beras Kencur dan Kunyit Jadi Lebih Modern

Berikut ini adalah lima cara alami menggunakan bahan dasar kunyit yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, untuk membantu meredakan jerawat seperti dilansir dari laman Boldsky.

  1. Kunyit dan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman obat yang cukup terkenal karena efektif melawan jerawat dan memiliki kandungan antiseptik dan anti peradangan yang mampu mengobati luka pada kulit secara cepat.

Anda hanya membutuhkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan dua sendok makan gel lidah buaya. Lalu campur kedua bahan tersebut dalam wadah bersih hingga rata, kemudian oleskan ke bagian kulit yang membutuhkan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Manfaat Kunyit dan Temulawak terhadap Penanganan Covid-19

  1. Kunyit dan madu

Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin yang mampu membuat kulit menjadi lembap dan lembut. Jadi ketika kunyit bekerja melawan jerawat di kulit, kandungan antibakteri pada madu akan menekan pertumbuhan bakteri pada kulit sekaligus melembutkan kulit.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X