• Rabu, 20 Oktober 2021

5 Resep Sarapan Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

- Sabtu, 18 September 2021 | 08:13 WIB
ilustrasi makanan karbohidrat pixabay
ilustrasi makanan karbohidrat pixabay
 

INILAHKORAN, Bandung - Mengkonsumsi makanan seimbang terutama di pagi hari sangat penting untuk menjaga energi tetap stabil dan kenyang selama jam-jam berikutnya.

Ahli Gizi Andrea Martin, mengatakan mendapatkan jumlah protein yang cukup di pagi hari dapat membantu memperoleh energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sepanjang hari.

"Makan lebih banyak protein membantu membuat Anda kenyang dan puas, yang membantu mencegah ngemil berlebihan di antara waktu makan," ujarnya dikutip dari Livestrong, Sabtu 18 September 2021.

Baca Juga: Ahli Imunologi Beri Saran agar Sarapan Ini Lebih Sering

Berikut ini 5 rekomendasi sarapan tinggi protein dan rendah karbohindrat.

1. Pizza daging

Pizza bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mempertimbangkan sarapan bergizi, terutama yang rendah karbohidrat, tetapi resep kaya protein ini menggunakan tepung almond rendah karbohidrat untuk kerak dan penuh dengan sarapan favorit, seperti telur dan keju.

"Selain mengandung sumber protein berkualitas tinggi, tepung almond kaya akan vitamin E, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas," kata Mathis.

Meskipun pizza rendah karbohidrat, tetapi dia mengingatkan bahwa kandungan lemak, kolesterol, dan natriumnya agak tinggi, jadi perhatikan ukuran porsi saat menyiapkan resep ini.

Baca Juga: Makanan dan Minuman untuk Sarapan yang Bisa Dikonsumsi Saat Perut Kembung

2. Kale dan Chorizo Frittata

Kale adalah superstar nutrisi dari hidangan olahan telur ini.

"Resep ini  dikemas dengan banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, zinc, kalium dan magnesium," kata Mathis.

Resep ini juga sarat antioksidan yang telah terbukti membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Sarapan Telur dan Yogurt

3. Yogurt Matchaccino

Sarapan shake sangat berguna saat Anda kekurangan waktu atau Anda membutuhkan sarapan sehat saat bepergian. Resep ini mengandung dua bahan superstar: Matcha dan yogurt Yunani.

"Matcha mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit kronis dan yogurt Yunani dikemas dengan probiotik, yang membantu menjaga kesehatan usus Anda," saran Mathis.

Shake rendah kalori dan bebas lemak ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau membatasi asupan lemak mereka.

Baca Juga: Resep Roti Panggang Bayam, Menu Sarapan yang Dijamin Anti Ribet

4. Telur orak-arik

Tidak mengherankan jika telur muncul beberapa kali dalam daftar sarapan rendah karbohidrat dan tinggi protein ini. Mereka murah, mudah dibuat dan bergizi.

"Satu telur besar mengandung sekitar 13 vitamin dan mineral penting dan merupakan sumber protein berkualitas tinggi," kata Mathis.

"Anda bisa menambahkan lebih banyak sayuran, seperti kangkung atau bayam, atau mengganti bacon dengan protein tanpa lemak pilihan Anda," ujarnya.

Baca Juga: Wow! Inilah 10 Resep Sarapan agar Panjang Umur

5. Ubi jalar dan sosis

"Resep ini mengandung beberapa bahan hangat seperti ubi jalar dan telur, yang memberikan banyak nutrisi bagi tubuh," kata Mathis.

"Kentang manis kaya akan serat, vitamin dan mineral dan membantu membuat resep ini lebih memuaskan."

Jika Anda ingin membuat hidangan ini bebas susu, tinggalkan keju cheddar atau ganti keju vegan.***Firda Rachmawati

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X