• Rabu, 20 Oktober 2021

7 Film yang Bisa Temani 'Berkeliling Indonesia' di Rumah

- Sabtu, 18 September 2021 | 09:24 WIB
tangkapan layar/ YouTube Visinema Picture
tangkapan layar/ YouTube Visinema Picture

INILAHKORAN, Bandung - Saat pandemi seperti ini tentunya membuat orang-orang bosan dan rindu akan liburan berkeliling Indonesia.

Akan tetapi, ada berbagai cara untuk melepas penat agar tidak bosan di rumah, salah satunya menonton film-film Indonesia.

Ada film-film Indonesia yang bisa jadi inspirasi untuk jalan-jalan kemudian hari. Jangan lupa siapin kopi, teh atau camilan favorit biar acara tonton jadi tambah seru.

Baca Juga: BIFF 2021 Tayangkan Dua Film Indonesia mulai 21 September

Berikut ini ada 7 judul film Indonesia yang bisa jadi penawar rindu saat harus di rumah saja. Nonton yuk.

1. Aruna dan Lidahnya (2018)

Tokoh Aruna yang diperankan sama Dian Sastro ini, berprofesi sebagai seorang epidemiologi yang meneliti masalah flu burung kala itu. Nah, petualangan kuliner Aruna dan beberapa temannya bermula saat perjalanan meneliti kawasan epidemi flu burung. Film yang diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak ini ibarat kamus kuliner keberagaman makanan Indonesia yang super lezat deh! kamu juga bakal merasakan kenikmatan jelajah kuliner saat menonton film ini.

2. 5 Cm (2012)

Kamu pasti punya teman-teman dekat yang sudah dari jaman dulu banget menemani suka dan duka, kan? Nah, film 5 Cm ini menceritakan petualangan beberapa orang yang telah bersahabat sekian lama, menjelajah puncak Mahameru. Film yang menyuguhi banyak sinematik panorama alam di sekitar Gunung Semeru ini, tak cuma tentang persahabatan saja tapi juga dibumbui dengan plot percintaan.

Buat kamu yang sudah pernah ke Gunung Semeru, pasti film ini membangkitkan kenangan tak terlupakan kala itu. Nah, buat yang belum pernah nih, pasti jadi tergelitik ingin segera naik gunung ke sana.
 
Baca Juga: Saipul Jamil Bebas, Rumah Produksi Film Animasi Anak Berhentikan Kesepakatan dengan Televisi

3. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Apa ada yang suka dengan cerita roman yang klasik? Nah, film yang satu ini pas banget buat pecinta film romantis dengan latar belakang cerita sejarah Indonesia. Tak kalah sama Pride and Prejudice-nya Jane Austen, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck merupakan karya Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, atau Buya Hamka yang juga merupakan penulis legendaris Indonesia. Film ini menceritakan kisah perjalanan Zainudin, seorang pemuda berdarah Makassar-Minang yang menelusuri tanah kelahiran ayahnya di Padang.

Setibanya di sana, Zainudin terlibat kisah percintaan dengan seorang gadis Minangkabau. Nah, jadi penasaran akhir ceritanya, kan? Yuk, nonton sekarang aja!
 
Baca Juga: Inilah Pengisi Soundtrack Film Shang-Chi yang Lagi Rame di Seluruh Dunia

4. Filosofi Kopi (2015)

Film ini pas banget buat jadi inspirasi kamu yang hobi banget sama segala sesuatu yang berhubungan sama kopi. Filosofi Kopi menceritakan jatuh bangunnya seorang pemilik kedai kopi untuk tetap bertahan dengan membawa wawasan tentang jenis-jenis kopi, cara pengolahannya hingga daerah-daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Setelah menonton film ini, kamu akan tahu jenis kopi yang sering diminum pagi hari bersama semangat untuk menyongsong pagi. Sruput kopi, yuk!

5. Laskar Pelangi (2008)

Berlatar belakang sebuah kampung melayu di Belitung, film Laskar Pelangi punya nilai motivasi yang sangat tinggi. Makanya, film ini menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Diadaptasi dari Novel karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi menceritakan kisah dua orang guru, Muslimah dan Harfan yang selalu memberikan semangat untuk bersekolah bagi murid-muridnya.
Tidak hanya cerita perjuangan dan motivasi aja, kamu yang tonton film ini pasti terhipnotis sama pemandangan eksotis dari Pulau Belitung.

6. Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Buat kamu yang kangen sama suasana romantis di Yogyakarta, pas banget kalau memilih film ini saat di rumah aja. Kisah romansa Rangga dan Cinta yang jadi tokoh utama di film ini menjadi bisa tetap seru untuk ditonton tanpa perlu menonton film sebelumnya. Banyak adegan film yang bercerita tentang cinta, reuni dan hangatnya persahabatan ini membawa kamu untuk berkeliling kota Budaya, Yogyakarta.
 

Sebut saja Punthuk Setumbu, tempat romantis untuk menikmati terbit dan tenggelamnya surya, pertunjukan wayang Papermoon dan beberapa tempat yang bikin kamu ingat hangatnya suasana Yogyakarta.

7. Street Food Asia

Para pemburu kuliner lezat dengan citarasa Asia, wajib banget deh, nonton film dokumenter dengan panjang 9 episode ini. Indonesia yang kaya akan kuliner dengan rasa yang khas juga ditampilkan di salah satu episodenya. Tidak melulu bercerita tentang kuliner, film dokumenter ini juga bercerita tentang sejarah, budaya dan identitas bangsa masing-masing negara yang membentuk kehidupan orang Asia, termasuk Indonesia. Cerita paling mengharu biru nih ada di episode ke 4, saat Mbah Satinem, penjual jajanan pasar di Yogyakarta banyak bercerita tentang kesedihan dan juga kebahagiaan selama hidupnya.
 
Baca Juga: Melihat Aurat Lewat Tayangan Film

Jadi, tunggu apalagi? Saatnya kamu bikin momen di rumah aja lebih semangat dan lebih inspiratif dengan menonton film-film Indonesia buatan anak negeri dari layar komputer tanpa harus repot jaga jarak. Selamat menonton!*** Firda Rachmawati
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X