• Minggu, 24 Oktober 2021

Hubungan Toxic, Begini Ciri-ciri yang Tampak, Salah Satunya Sering Marah

- Minggu, 19 September 2021 | 16:02 WIB
Seseorang akan menjadi sering marah ketika terjebak dalam sebuah hubungan 'toxic'. (Antara Foto)
Seseorang akan menjadi sering marah ketika terjebak dalam sebuah hubungan 'toxic'. (Antara Foto)

INILAHKORAN, Bandung- Apakah hubungan kita dengan pasangan baik-baik saja? Benarkah tidak sedang terjebak dalam sebuah hubungan 'toxic'? Begini penjelasan pakar

Psikolog Rininda Mutia dari Universitas Indonesia menjelaskan ciri-ciri bila Anda terjebak dalam hubungan "toxic" atau adalah emosi negatif yang sering muncul. Emosi negatif tersebut merupakan alarm dari dalam diri bahwa ada sesuatu tidak baik yang terjadi di sekitar.

"Tanda-tandanya apa? Kita lebih sering marah, nangis, lebih sensitif juga," kata Rininda.

Secara umum, kesehatan mental juga jadi kurang sehat dan Anda merasa tidak berdaya di dalam hubungan tersebut. Apa yang diharapkan dan diinginkan dari hubungan itu terasa tidak kunjung tercapai.

Baca Juga: Strategi Produk Fesyen Lokal Bertahan di Tengah Pandemi

"Misalnya lebih banyak porsinya dia yang memaksakan kehendaknya dia. Dan saya merasa tidak berdaya, saya tidak bisa melawan, tidak bisa berbuat apa-apa," jelas dia mengenai salah satu tanda "toxic relationship".

Dampak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat bisa terasa hingga jangka panjang, ujar dia. Seseorang bisa merasa tidak percaya diri, mengetahui hubungan ini memang tidak baik tapi sulit merasa lepas karena merasa sayang dengan orang tersebut.

"Bisa jadi itu bukan sayang sih. Bisa jadi karena ini sudah jadi kebiasaan, sehingga ketika dia tidak ada, pasangannya hilang, dia akan merasa kehilangan," tutur dia.

Untuk mengetahui apakah orang terdekat berada dalam hubungan tidak sehat, amati perilakunya bila ada yang berubah drastis. Dia mencontohkan, misalnya seseorang yang biasanya mudah bertemu dengan teman mendadak tidak pernah bersosialisasi gara-gara dilarang oleh pacarnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X