• Rabu, 20 Oktober 2021

Pemerintah Dukung Kesetaraan Gender dalam Dunia Digital, Bagaimana Konsep dan Kenyataannya?

- Senin, 20 September 2021 | 21:20 WIB
Tangkapan layar Zoom, Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Devie Rahmawati, saat seminar nasional. (ANTARA/TL-Rizka Khaerunnisa)
Tangkapan layar Zoom, Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Devie Rahmawati, saat seminar nasional. (ANTARA/TL-Rizka Khaerunnisa)

INILAHKORAN, Jakarta - Devie Rahmawati mengatakan pemerintah mendukung dan memastikan kesetaraan gender digital melalui pendekatan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Devie Rahmawati sebagai Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, menegaskan bagaimana pemerintah bersama Kominfo menyampaikan konsep dan langkah-langkahnya.

“Presiden Jokowi sangat serius memastikan praktik dan perjuangan kesetaraan gender mulai menampakkan sinar terang di negeri ini, bukan hanya dalam soal konseptual tapi juga dalam langkah nyata,” kata Devie dalam seminar nasional bertajuk “Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Mendorong Kesetaraan Gender dalam Demokrasi Indonesia di Era Digital” pada Senin, 20 September 2021.

Baca Juga: Dukung Kesetaraan Gender, XL Axiata Ingatkan Keberadaan Jalur Bakat untuk Perempuan

Perihal infrastruktur, Kominfo tengah membangun penyediaan based transceiver station (BTS) dengan target total 9.586 BTS akan terbangun dan beroperasi hingga 2024. Pada tahun ini, sebanyak 4.200 BTS baru akan dibangun serta 3.704 BTS baru pada 2022.

“Diharapkan pada 2022, ‘jalan tol sinyal’ akan terwujud sehingga modal utama untuk bisa mendapatkan akses dari manfaat digital dapat segera dirasakan dari Sabang sampai Merauke,” ujar Devie.

Selain itu, Kominfo memiliki program-program untuk memastikan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar semakin cakap digital, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Baca Juga: Kesetaraan Gender di Tempat Kerja, Positif untuk Bisnis?

“Orang yang disebut cakap digital itu harus punya empat kemampuan. Salah satunya dia harus terampil dan punya skill dasar,” tutur Devie.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X