• Selasa, 26 Oktober 2021

10 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

- Jumat, 24 September 2021 | 09:51 WIB
:Freepik.com/@artursafronovvvv
:Freepik.com/@artursafronovvvv

INILAHKORAN, Bandung - Mata merupakan salah satu hal yang penting karena 80 persen dari apa yang Anda lihat berasal dari penglihatan Anda.

Akan tetapi, kebiasaan sederhana seperti menatap layar komputer selama berjam-jam dapat membahayakan mata Anda dalam jangka panjang.

Mengonsumsi makanan seimbang adalah kunci untuk membantu Anda mengurangi risiko berkembangnya kondisi mata yang memburuk seperti, mata kering, katarak, dan glaukoma.

Berikut ini makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga, Cegah Anemia hingga Jaga Kesehatan Mata

1. Ikan
Ikan seperti salmon, tuna, herring, mackerel, sarden. Kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda, terutama retina. Lemak sehat ini mencegah glaukoma dan sindrom mata kering dan berkontribusi pada perkembangan visual yang tepat.

Anda bisa merebus atau memanggang ikan untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

2. Telur
Telur juga bagus untuk kesehatan mata Anda karena seng, zeaxanthin, lutein dan vitamin A yang ada di kuning telur. Ini melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya. Vitamin A melindungi kornea, lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan katarak, dan seng berkontribusi pada kesehatan retina.
Anda bisa menikmati telur rebus untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Baca Juga: Sepakat! Ade Yasin-MUI Sebut Vaksinasi Covid-19 Jihad Kesehatan

3. Almond
Telur juga bagus untuk kesehatan mata Anda karena seng, zeaxanthin, lutein dan vitamin A yang ada di kuning telur. Ini melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya. Vitamin A melindungi kornea, lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan katarak, dan seng berkontribusi pada kesehatan retina.

Anda juga bisa mengonsumsi kacang lain yang kaya vitamin E seperti kemiri, kacang tanah, kacang mete, dan kenari. Dapatkan dosis vitamin E harian Anda dengan menambahkan almond ke dalam sereal sarapan, yoghurt, atau salad.

4. Paprika
Paprika bagus untuk pembuluh darah di mata Anda, dan juga bisa menurunkan risiko katarak. Paprika kaya akan vitamin seperti A, C, dan E yang sangat baik untuk penglihatan Anda dan juga membantu Anda untuk melihat dengan jelas.

Anda dapat menambahkan paprika mentah ke dalam salad atau menambahkan paprika tumis ke hidangan Anda.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Kompetensi Program Kesehatan Ditingkatkan

5. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi dan kangkung kaya akan vitamin C dan vitamin E. Sayuran ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Anda bisa memasukkan sayuran berdaun hijau tua ini ke dalam salad dan sup.

6. Wortel
Wortel menempati urutan teratas dalam meningkatkan kesehatan mata. Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten yang baik. Vitamin A adalah komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya.

Vitamin ini juga mencegah berbagai infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.
Anda bisa memasukkan wortel ke dalam salad dan sup, atau memarutnya dan menambahkannya ke adonan kue Anda.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Kompetensi Program Kesehatan Ditingkatkan

7. Brokoli
Brokoli adalah sayuran lain yang dikemas dengan lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini membantu melindungi sel-sel sehat di mata Anda dari radikal bebas, sejenis molekul tidak stabil yang menghancurkan jaringan sehat mata Anda. Anda bisa menumis brokoli atau merebus dan memakannya.

8. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan yang larut dalam air yang dianggap sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin yang ditemukan dalam jeruk ini berkontribusi pada pembuluh darah yang sehat di mata Anda dan dapat melawan perkembangan katarak. Jus jeruk diketahui mengandung 30 persen sampai 50 persen lutein dan zeaxanthin. Anda bisa minum jus jeruk alami atau memakan buahnya sebagai camilan atau menambahkannya ke oatmeal Anda.

Baca Juga: 3 Indonesia Salurkan Bantuan 15.000 Paket Kesehatan Pasien Isolasi Mandiri di Wilayah Risiko Tinggi

9. Produk susu
Produk susu seperti yogurt, keju, dan susu memiliki kandungan vitamin A dan seng yang baik. Kedua nutrisi ini melakukan fungsi penting - vitamin A melindungi kornea dan seng membantu penglihatan malam serta mencegah pembentukan katarak.
Minumlah segelas susu setiap hari atau minumlah bersama dengan sereal sarapan Anda.

10. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan sumber beta karoten yang sangat baik yang mencegah timbulnya kondisi mata seperti katarak, mata kering dan rabun senja. Mereka juga bermanfaat dalam mengurangi risiko infeksi mata. Anda bisa makan ubi jalar dengan memanggang, menumis dan memanggangnya.***(Firda Rachmawati)

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X