• Minggu, 17 Oktober 2021

Penelitian: Ternyata Orang Humoris Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata

- Minggu, 26 September 2021 | 14:17 WIB
Seorang humoris disebut punya kecerdasan di atas rata-rata. (Ilustrasi)
Seorang humoris disebut punya kecerdasan di atas rata-rata. (Ilustrasi)
INILAHKORAN, Bandung - Peneliti Gil Greengoss dan Geoffrey Miller dari University of New Mexico dan Rod. A. MArtin dari University of Western Ontario mempelajari sekelompok mahasiswa dan meminta mereka untuk melakukan tugas lucu dengan membuat profil orang-orang yang dibuat-buat berdasarkan beberapa informasi dasar.

Peserta penelitian kemudian menilai seberapa lucu jawaban peserta lain, dan diminta untuk menyelesaikan beberapa tes, seperti tes kecerdasan umum , keterbukaan, kesadaran, ekstraversi, kemampuan bersosialisasi, dan neuroticism.

Para peneliti menemukan bahwa kecerdasan umum adalah prediktor humor yang kuat, terlepas dari variabel lain. Para peneliti menyimpulkan bahwa humor adalah tanda kemampuan kognitif yang mendasarinya.
 
Baca Juga: Nestapa Marlina, Layani Ayah Taqy Malik Sepuluh Kali Sehari, Istirahat Pas Salat Saja...

Selain itu, dalam studi lain yang dilakukan oleh William E. Hauck dan John W. Thomas dari Bucknell University, para peneliti mempelajari tiga variabel yaitu kreativitas, kecerdasan, dan selera humor. Mereka menemukan bahwa kreativitas dan kecerdasan tidak tergantung satu sama lain, tetapi humor berhubungan dengan kreativitas dan kecerdasan.

Ada banyak jenis humor: slapstick, datar, kotor, topikal, gelap, satir, parodi, dan surealis. Beberapa mengambil tingkat kecerdasan yang lebih tinggi untuk dihargai daripada yang lain, seperti sindiran. Satire adalah salah satu jenis humor yang paling sulit karena mengandalkan kecerdasan untuk menjadi sukses.

Anda tidak dapat mengolok-olok sesuatu jika Anda tidak memahaminya terlebih dahulu, dan dibutuhkan kreativitas untuk menggunakan platform yang tepat untuk kelucuannya.
 
Baca Juga: 'No Time To Die', Akhir Perjalanan Sempurna Daniel Craig di James Bond 007

Salah satu ilmuwan yang paling brilian dan cerdas di dunia ialah Stephen Hawking. Dia juga dikenal karena memiliki selera humor yang tajam.***(Firda Rachmawati)
 
 
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ShopeePay Kembali Hadirkan Google Play Festival

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:15 WIB

Kick Avenue Kembali Gelar Festival KA Fair

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Catat! Tips Aman Menggunakan Pembayaran Digital

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:00 WIB
X