• Kamis, 26 Mei 2022

Benarkah Ada Kecerobohan Para Insinyur di Balik Tumbangnya Facebook, Instagram, WhatsApp?

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 09:49 WIB
Facebook, WhatsApp dan Instagram mengalami gangguan di seluruh dunia sejak Senin 4 Oktober 2021. (Antara Foto)
Facebook, WhatsApp dan Instagram mengalami gangguan di seluruh dunia sejak Senin 4 Oktober 2021. (Antara Foto)

INILAHKORAN, Bandung - Facebook akhirnya mengungkapkan penyebab terjadinya pemadaman secara global yang melumpuhkan platformnya selama lebih dari enam jam.

Dilansir dari The Guardian, Rabu 6 Oktober 2021, Wakil Presiden Teknik Facebook Santosh Janardhan mengatakan pemadaman global yang membuat Facebook, Instagram dan WhatsApp down bermula ketika para insinyur perusahaan mengeluarkan perintah yang secara tidak sengaja memutuskan pusat data Facebook dari seluruh dunia.

Janardhan menggambarkan kesalahan itu berasal dari "global backbone" kabel serat optik dan pusat data perusahaan.

“Pemadaman ini dipicu oleh sistem yang mengelola kapasitas jaringan backbone global kami," ungkap Janardhan.

Baca Juga: Ternyata Inilah yang menyebabkan WhatsApp, Facebook Hingga Instagram di Seluruh Dunia Terganggu

"Backbonenya adalah jaringan yang dibangun Facebook untuk menghubungkan semua fasilitas komputasi kami bersama-sama, yang terdiri dari puluhan ribu mil kabel serat optik yang melintasi dunia dan menghubungkan semua pusat data kami," imbuhnya.

Perusahaan mengatakan sistemnya dirancang untuk mengaudit perintah untuk mencegah kesalahan, tetapi alat audit telah menemukan bug dan gagal menghentikan perintah yang menyebabkan pemadaman. 

Pemadaman tersebut telah melumpuhkan alat yang biasanya digunakan oleh para insinyur untuk menyelidiki dan memperbaiki pemadaman tersebut sehingga memulihkannya menjadi lebih sulit.


Pemadaman ini adalah yang terbesar yang pernah dilihat oleh Downdetector, sebuah perusahaan pemantau web.

Selain itu, Facebook juga menjelaskan bahwa pemadaman global tersebut tidak disebabkan oleh adanya aktivitas jahat.

Perusahaan mengatakan telah mengirim tim insinyur ke lokasi pusat datanya untuk mencoba men-debug dan memulai ulang sistem.

Namun, perusahaan membutuhkan waktu ekstra untuk mendapatkan insinyur di dalam untuk bekerja di server karena keamanan fisik dan sistem yang ada.

Bahkan setelah konektivitas jaringan dipulihkan ke pusat data, Facebook mengatakan khawatir lonjakan lalu lintas akan menyebabkan situs web dan aplikasinya mogok.
 
Baca Juga: Facebook, Instagram dan WhatsApp Down! Netizen Ramai-ramai Serang Mark Zuckerberg

Tetapi karena perusahaan telah menjalankan latihan untuk mempersiapkan situasi seperti itu, akses ke layanannya kembali relatif cepat.

“Setiap kegagalan seperti ini adalah kesempatan untuk belajar dan menjadi lebih baik. Mulai sekarang tugas kita adalah memastikan kejadian seperti ini terjadi sejarang mungkin,” tulis Janardhan.***(Firda Rachmawati)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu​ First Class – Jack Harlow

Rabu, 25 Mei 2022 | 23:00 WIB

Lirik Lagu​ Sick Feeling – Boy Pablo

Rabu, 25 Mei 2022 | 21:00 WIB
X