• Sabtu, 22 Januari 2022

Bumbu Dapur Ini Tak Sembarangan! Lima Manfaatnya Dahsyat untuk Kesehatan Tubuh

- Senin, 18 Oktober 2021 | 08:20 WIB
Sereh ternyata tak sekadar bermanfaat untuk bumbu dapur. Bisa juga, meningkatkan kesehatan tubuh.
Sereh ternyata tak sekadar bermanfaat untuk bumbu dapur. Bisa juga, meningkatkan kesehatan tubuh.
INILAHKORAN, Bandung - Musim hujan telah tiba. Ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit. Salah satunya mengkonsumsi sereh.
 
Berbagai minuman herbal bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Salah satunya minuman herbal sereh.
 
Selain jadi pelengkap masakan, sereh juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat sereh untuk kesehatan tubuh.
 
 
1. Mengontrol Tekanan Darah
 
Tekanan darah tinggi menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Seperti, penyakit jantung dan juga stroke. Jika dibiarkan, bukan tak mungkin masalah tekanan darah tinggi dapat berakhir fatal pada penderitanya.
 
Untungnya, kandungan kalium pada sereh yang tergolong tinggi dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Kandungan kalium tersebut mampu meningkatkan intensitas tubuh mengeluarkan urine.
 
Hal ini ternyata mampu mengontrol tekanan darah agar tetap terjaga.
 
2. Meredakan Berbagai Gejala Flu
 
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanaman serai dipercaya memiliki sifat anti jamur atau anti fungal dan anti bakteri. Dengan sifat menyehatkan tersebut, manfaat serai selanjutnya adalah membantu Anda sembuh dan terhindar dari penyakit flu.
 
 
Mudah saja untuk bisa mendapatkan manfaat serai yang satu ini. Cukup dengan mengonsumsi teh sereh secara rutin dan teratur, gejala penyakit flu akan bisa langsung teratasi.
 
Tidak hanya itu, teh sereh juga berkhasiat untuk memudahkan Anda mengeluarkan dahak serta aromanya yang khas dipercaya mampu mengatasi hidung tersumbat.
 
3. Mengontrol Gula Darah
 
Manfaat sereh lainnya adalah mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap terjaga. Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penyakit diabetes yang sering diderita oleh masyarakat yang jarang berolahraga dan tak menjaga asupan makanan.
 
 
Oleh karena itu, jika ingin kadar gula darah tetap stabil, konsumsi minuman atau makanan yang mengandung serai secara teratur mulai dari sekarang.
 
4. Menjaga Saluran Pencernaan
 
Salah satu kandungan yang dimiliki oleh sereh adalah citral. Tak banyak orang mengetahuinya, tapi citral ternyata berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan makanan di dalam tubuh.
 
Hal ini secara tidak langsung turut melancarkan aktivitas organ pencernaan dan menghindarkan Anda dari risiko penyakit pencernaan. Seperti, sembelit atau sulit buang air besar.
 
 
Jadi, jika merasa memiliki masalah kesehatan pada organ pencernaan, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan rutin mengonsumsi minuman yang dicampur seduhan serai ini.
 
5. Meningkatkan Imunitas Tubuh
 
Masih seputar kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mengonsumsi tanaman wangi ini dengan teratur dapat membantu Anda menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh.
 
 
Menjaga sistem imun tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tak mudah terserang penyakit akibat infeksi bakteri atau virus. Jadi, mengonsumsi tanaman ini juga dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang merasa gampang sakit atau alergi.***(Firda Rachmawati)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X