• Senin, 29 November 2021

BTS Berpisah Dengan Sony Music dan Berpaling ke UGM, Kronologinya Begini...

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:36 WIB
Foto Boyband BTS  ((twitter: @bts_bighit))
Foto Boyband BTS ((twitter: @bts_bighit))

INILAHKORAN, Bandung- Boyband Korea BTS dikabarkan telah mengakhiri kerja samanya dengan Sony Music 's Columbia Records dah hengkang ke Universal Music Group (UMG), kabar ini diketahui atas laporan dari Billboard dan dikonfirmasi Variety. 

Atas terjadinya kesepakatan ini maka lisensi grup boyband BTS adalah dengan divisi Geffen UMG, dengan distribusi penanganan INgrooves.

Laporan tersebut muncul hanya beberapa bulan setelah HYBE (sebelumnya dikenal sebagai Big Hit Entertainment) dan UMG, perusahaan musik terbesar di dunia mengumumkan kemitraan strategis ini.

Baca Juga: Ucapan Doa Banjiri Akun Instagram Rienda, Korban Tewas Land Rover Masuk Jurang di Pangalengan

“Untuk meningkatkan peluang bagi artis melalui inovasi dan teknologi, sambil memperluas jangkauan global musik K-Pop dan budaya di seluruh dunia,” dikutip dari koreanboo, Jumat, 22 Oktober 2021.

Salah satu hasil dari kemitraan ini adalah penambahan seniman UMG ke platform berbasis komunitas Weverse. Tim dari HYBE, UMG, dan Geffen Records juga akan bekerja sama dengan label baru yang berbasis di Los Angeles.

Di sisi lain, Bang Si Hyuk dan Scooter Braun dari HYBE, yang Ithaca Holdings-nya diakuisisi oleh HYBE awal tahun ini, dilaporkan dekat dengan CEO UMG  Lucian Grange. 

Baca Juga: Rachel Vennnya Gemetar hingga Mewek Diperiksa Polda Metro, Kayak Maling Dikejar Warga...

Sementara laporan asli menyatakan bahwa Bang dan BTS dikabarkan memiliki "hubungan bisnis yang tidak memuaskan" dengan CEO Columbia Ron Perry. Padahal Perry sebenarnya berkontribusi sebagai penulis dan produser untuk lagu BTS bertajuk "Butter."

Pada tahun 2018, BTS menandatangani kesepakatan distribusi dengan Columbia Records dan The Orchard, anak perusahaan distribusi Sony Music. Sementara Columbia Records menangani distribusi BTS di Amerika Utara, UMG mengelola rilis mereka di wilayah lain seperti Jepang.

Baca Juga: Jonathan Christie Tak Ciut Nyali Ladeni Kento Momota, Yakin Menang karena 3 Faktor Ini

Sebagai informasi, artis-artis top dunia lain di bawah UMG termasuk di antaranya adalah SEVENTEEN, Taylor Swift, Billie Eilish, dan Rihanna. Hingga berita ini tayang belum ada pengumuman resmi yang dibuat oleh HYBE atau UMG terkait kabar ini.*** (Yosep Saepul Ramdan)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X