• Senin, 29 November 2021

Wajib Coba! Senasasi Berkemah di Bekas Barak Tentara Jepang Bumi Perkemahan Tangsijaya

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:25 WIB
Bumi Perkemahan Tangsijaya terbilang cukup bersih lantaran belum terdapat banyak sampah dan vandalisme yang merusak keindahan kawasan. (Agus Satia Nagara)
Bumi Perkemahan Tangsijaya terbilang cukup bersih lantaran belum terdapat banyak sampah dan vandalisme yang merusak keindahan kawasan. (Agus Satia Nagara)

INILAHKORAN, Bandung- Ngamprah - Bagi anda yang gemar melakukan aktivitas berkemah, Bumi Perkemahan Tangsijaya yang berlokasi di Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bisa jadi rekomendasi tempat yang tepat untuk bermalam di alam terbuka bebas.

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan di Camp Ground dengan ketinggian 1087 mdpl, antara lain camping, fotografi, hammocking, piknik dan aktivitas out bound.

Kualitas kawasan Bumi Perkemahan Tangsijaya terbilang cukup bersih lantaran belum terdapat banyak sampah dan vandalisme yang merusak keindahan kawasan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Heri Partomo menuturkan, Camp Ground atau Bumi Perkemahan Tangsijaya memiliki luas kawasan sekitar 2 hektare.

Baca Juga: OPPO Watch Punya Sensor Ukur Irama Detak Jantung, Apalagi Keunggulannya?

"Secara pengelolaan kawasan ini sama dengan kawasan Cidadap Tubing, dikelola oleh pihak swasta dengan system sewa lahan dengan pihak Perum perhutani KPH Bandung Barat," katanya belum lama ini.

Ia menyebut, biaya untuk kemping di kawasan ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 20.000 untuk satu malam.

"Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini yaitu pelajar yang mengadakan kemping dari sekolah, kemudian keluarga yang melakukan aktivitas wisata berfoto dan piknik kemudian para remaja yang melakukan aktivtias wisata berfoto, hammocking dan camping," sebutnya.

Ia menerangkan, Tangsijaya sendiri memiliki arti tersendiri yang biasa digunakan oleh militer, yang artinya barak.

Baca Juga: Aduh, WHO Sebut Pandemi Berlanjut Hingga 2022, Gara-garanya Ini...

"Jadi pada zaman penjajahan jepang terdapat barak/bunker  tentara Jepang di kawasan ini, namun sisasnya sudah tidak ada lagi. Sehingga kawasan ini disebut sebagai Tangsijaya," terangnya.

Selain itu, lanjut dia, di Bumi Perkemahan Tangsijaya terdapat beragam fasilitas wisata yang bisa menambah kenyamanan saat bermalam di lokasi tersebut.

"Fasilitas wisata yang tersedia di kawasan Bumi Perkemahan Tangsijaya yaitu lahan parkir, toilet umum dan shelter. Bahkan, pengelola setempat berencana akan membuat fasilitas wisata Flying Fox," bebernya.

Ia menilai, kawasan ini sudah sedikit berkembang sehingga sudah dibangun beberapa fasilitas untuk menambah kenyaman wisatawan saat berkunjung.

Baca Juga: Messi Mulai 'Pundung', Ingin Tinggalkan PSG Gara-gara Ribut dengan Mauro Icardi

"Jarak dari pusat ibukota kecamatan yaitu 4.8 km. Cara pencapaian menuju kawasan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum," ujarnya.

Ia menjelaskan, kendaraan umum yang bisa digunakan menuju kawasan yaitu elf dengan tujuan Gununghalu – Ciwidey dengan tarif Rp. 15.000,00. Kendaraan umum tersebut terjadwal yaitu pagi siang dan sore hari.

Baca Juga: Start P15, Begini Strategi Quartararo Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Emilia Romagna

"Kondisi akses menuju kawasan masih belum dibangun secara baik karena sebagian ground cover akses sudah berupa aspal, sedangkan sebagian laginya masih berupa bebatuan dan tanah merah," tandasnya. (agus satia negara) ***

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X