• Minggu, 5 Desember 2021

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Radang Sendi

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:21 WIB
menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang yang sakit sendi dan osteoarthritis. (Pixabay/guvo59)
menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang yang sakit sendi dan osteoarthritis. (Pixabay/guvo59)

INILAHKORAN, Bandung - Arthritis adalah kondisi kesehatan umum yang melibatkan peradangan kronis pada persendian Anda. Menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada sendi, tulang, dan bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya.

Osteoarthritis, yang non-inflamasi, adalah yang paling umum - meskipun ada lebih dari 100 jenis. Faktanya, hingga 40% pria dan 47% wanita dapat didiagnosis menderita osteoartritis selama hidup mereka.

Sementara itu, rheumatoid arthritis (RA) dan psoriatic arthritis adalah kondisi peradangan yang dianggap sebagai penyakit autoimun. Asam urat adalah jenis umum lain dari sendi.

Baca Juga: Makin Populer, Episode Kedua 'Jirisan' Raih Rating Dua Digit

Penelitian menunjukkan bahwa intervensi diet, seperti menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang yang sakit sendi dan osteoarthritis, serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Berikut adalah lima makanan dan minuman yang harus dihindari jika Anda menderita penyakit sendi.

1. Gula tambahan

Anda harus membatasi batasan gula apapun yang terjadi, tetapi terutama jika Anda menderita radang sendi. Gula tambahan dalam permen, soda, es krim, dan banyak makanan lainnya.

Sebuah penelitian pada 217 orang dengan rheumatoid arthritis mencatat bahwa antara 20 makanan, soda manis dan makanan penutup adalah yang paling sering melaporkan gejala RA.

2. Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian daging dikaitkan dengan merah dan daging olahan dengan peradangan yang dapat meningkatkan gejala radang sendi.

Misalnya, diet yang banyak mengandung daging olahan dan daging merah menunjukkan penanda inflamasi tingkat tinggi.

Baca Juga: Soal Usulan Kenaikan Tunjangan Anggota DPRD, PKS Kab Bandung: Tak Perlu Gembar Gembor

3. Makanan yang mengandung gluten

Gluten sekelompok protein dalam gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan rye). Beberapa penelitian dikaitkan dengan peningkatan peradangan dan menunjukkan bahwa bebas gluten dapat meringankan gejala sendi.

Meskipun temuan ini telah dijanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah diet bebas gluten saja bermanfaat bagi penderita radang sendi.

4. Makanan olahan tinggi

Makanan ultra-olahan seperti makanan cepat saji, sarapan , dan makanan yang dipanggang biasanya mengandung biji-bijian olahan, gula tambahan, pengawet, dan bahan-bahan lain yang mungkin menimbulkan peradangan, yang dapat menimbulkan gejala radang sendi

Penelitian menunjukkan bahwa diet Barat yang kaya akan makanan olahan dapat meningkatkan risiko RA dengan memicu peradangan dan faktor risiko seperti obesitas.

Baca Juga: Hattrick ke Gawang Man United, Bukti Mohamed Salah Bermain dengan 'Cinta' di Liverpool

5. Alkohol

Alkohol dapat menimbulkan gejala seperti sendi, siapapun dengan sendi harus membatasi atau menghindarinya.

Sebuah Penelitian PADA 278 orangutan dengan spondyloarthritis aksial - radang Sendi Yang terutama mempengaruhi Sumsum tulang Belakang Dan Sendi sakroiliaka (SI) - mengaitkan asupan alkohol dengan peningkatan kerusakan Struktural tulang Belakang.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan dengan peningkatan risiko osteoartritis, meskipun tidak semua penelitian menemukan hubungan yang signifikan.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X