• Selasa, 30 November 2021

Biar Asam Lambung Tak Kumat Saat Konsumsi Vitamin C, Perhatikan Beberapa Hal Ini...

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:08 WIB
VItamin C bisa jadi buruk dikonsumsi para penderita asam lambung. (Antara Foto)
VItamin C bisa jadi buruk dikonsumsi para penderita asam lambung. (Antara Foto)

INILAHKORAN, Bandung- Vitamin C dikenal secara umum sebagai vitamin yang berperan penting dalam mendukung sistem imunitas tubuh manusia. Terutama dalam waktu dua tahun terakhir masa pandemi Covid-19.

Ahli gizi Rita Ramayulis yang merupakan pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) menjelaskan perlu pemahaman terlebih dahulu terkait keuntungan mengonsumsi vitamin C bagi tubuh manusia.

Setidaknya ada lima fungsi dari vitamin C saat dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh.

Pertama membantu sel darah putih (neutrofil) untuk berpindah ke jaringan yang terinfeksi sehingga jika terjadi infeksi tubuh bisa langsung mengatasi.

Baca Juga: Inilah Penyebab Masih Tingginya Tingkat Pengangguran Terbuka di Jabar Menurut Siti Muntamah, Apa Saja?

Lalu selanjutnya, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan utama untuk mengobati tubuh yang terinfeksi.Ketiga mengaktivitasi kerja sel darah putih sehingga bisa mengusir bakteri yang menyebabkan tubuh jatuh sakit.

Pada fungsi keempat dan kelima, vitamin C bisa mempercepat pertumbuhan jumlah sel B dan Sel T yang berfungsi melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

”Intinya di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C,”ujar Rita.

Meski peranannya penting, namun tak sedikit ada keluhan- keluhan yang timbul dari konsumsi vitamin C seperti gejala dan ketidaknyamanan lambung khususnya mereka yang memang memiliki gangguan asam lambung.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X