• Kamis, 27 Januari 2022

Media Jepang Klaim Permainan di 'Squid Game' Bukan Berasal dari Korea

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 09:45 WIB
Gambar peti mati berpita dalam serial Netflix 'Squid Game'. (Instagram/Netflix)
Gambar peti mati berpita dalam serial Netflix 'Squid Game'. (Instagram/Netflix)

INILAHKORAN, Bandung - Serial Netflix 'Squid Game' berhasil meraih kepopulerannya di seluruh dunia.

Meskipun sepenuhnya diproduksi dan ditulis dalam bahasa Korea, hal itu tidak menghentikan kesuksesan drama tersebut secara global.

Akan tetapi, mengingat kesuksesan yang didapat Korea Selatan dengan serial ini, ada beberapa penentang yang mulai membuat klaim, salah satunya adanya media Jepang.

The Nikkei yang merupakan surat kabar ekonomi Jepang membuat klaim kuat bahwa sebagian  besar game dalam serial tersebut berasal dari Jepang sehingga membuat mereka bernostalgia dan menikmati serial tersebut.

Sutradara Suzuki yang bekerja untuk The Nikkei mengklaim bahwa game pertama dalam seri Mugunghwa (lampu merah, lampu hijau) memiliki aturan dan melodi yang sama dengan game Jepang.

Selain itu, sang sutradara membuat klaim lebih lanjut, yang menyatakan bahwa  game Squid Game lainnya yang ditampilkan dalam seri, seperti  ddakji (ubin kertas lipat), game marmer, dan bahkan  dalgona semuanya diambil dari game Jepang.

Suzuki juga berpendapat bahwa game utama dari keseluruhan seri, game squid yang sebenarnya dimainkan para pemain di episode terakhir, juga diambil dari game Jepang yang disebut "squid kaisen".

Direktur surat kabar Jepang menyimpulkan pernyataannya dengan mengungkapkan kekesalannya dengan buku pelajaran bahasa Korea yang disediakan di sekolah.

Dia memeriksa total 133 buku teks bahasa Korea yang digunakan dalam sistem pendidikan Korea. Setelah pemeriksaannya, dia mengungkapkan bahwa meskipun semua game  “berasal dari Jepang”, tidak ada kredit yang diberikan dalam buku teks tersebut.***(Firda Rachmawati)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X