• Sabtu, 22 Januari 2022

8 Manfaat Mendengarkan Musik, Salah Satunya Bisa Buat Lebih Bahagia

- Rabu, 3 November 2021 | 12:01 WIB
Ilustrasi mendengarkan musik dapat membuat suasana menjadi nyaman  (Pixabay)
Ilustrasi mendengarkan musik dapat membuat suasana menjadi nyaman (Pixabay)
INILAHKORAN, Bandung - Kebanyakan orang mendengarkan musik untuk melepas penat. Ada juga yang menjadikannya sebagai hobi.
 
Namun, tahukah Anda bahwa mendengarkan musik mempunyai manfaat yang baik?
 
Telah terbukti bahwa musik secara dramatis membantu meningkatkan kesejahteraan mental orang dan meningkatkan kesehatan fisik. Misalnya, pelajaran musik dapat membantu meningkatkan IQ kita dan membuat pikiran lebih tajam, terutama seiring bertambahnya usia. 
 
 
Dilansir Lifehack, Rabu 3 November 2021, berikut ini manfaat mendengarkan musik.
 
1. Musik membuat Anda lebih bahagia
 
Otak Anda melepaskan 'hormon bahagia', dopamin ketika Anda mendengarkan musik sebagai ahli saraf, seperti yang ditemukan dalam studi 'The neuroscience of musical chill' oleh The Montreal Neurological Institute and Hospital.
 
2. Musik meningkatkan performa lari
 
Pelari yang mendengarkan musik motivasi cepat atau lambat menyelesaikan 800 meter pertama lari mereka lebih cepat daripada mereka yang mendengarkan musik yang tenang atau yang tidak berlari. Jika Anda tertarik untuk berlari, dengarkan musik untuk meningkatkan kemampuan Anda dan berikut adalah beberapa tips berlari untuk membantu Anda memulai. 
 
 
3. Musik menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan
 
Mendengarkan musik dapat menurunkan kadar hormon stres, kortisol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang meningkat ketika mereka secara aktif berpartisipasi dalam membuat musik dengan memainkan berbagai instrumen perkusi dan bernyanyi.
 
Jadi selama hari yang menegangkan, nyalakan radio untuk membantu Anda menenangkan diri dan untuk manfaat penyembuhan yang maksimal, pastikan untuk bernyanyi bersama dan ketuk kaki Anda sesuai irama.
 
4. Musik membantu Anda tidur lebih nyenyak
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur tidur secara signifikan lebih baik daripada mereka yang tidur dengan buku audio atau tidak mendengarkan sama sekali.
 
5. Musik mengurangi depresi
 
Lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita depresi dan 90% di antaranya juga mengalami insomnia. Penelitian tidur menemukan bahwa gejala depresi menurun sebagian besar dengan mereka yang mendengarkan musik klasik.
 
Jadi, jika Anda mengalami hari yang menantang, angkat semangat Anda dengan musik klasik atau musik meditatif.
 
 
6. Musik meningkatkan suasana hati Anda saat mengemudi
 
Mendengarkan musik membantu suasana hati kita dan juga membantu kita berkonsentrasi lebih baik saat mengemudi. Menurut sebuah penelitian di Belanda, ditemukan musik dapat berdampak positif pada suasana hati Anda saat mengemudi dan akibatnya mengarah pada mengemudi yang lebih aman daripada jika Anda tidak mendengarkan apa pun.
 
7. Musik memperkuat pembelajaran dan memori
 
Para peneliti telah menemukan bahwa musik dapat membantu Anda belajar dan mengingat informasi dengan lebih baik. Peserta yang musisi belajar lebih baik dengan musik netral dan diuji lebih baik dengan musik positif sedangkan non-musisi belajar lebih baik dengan musik positif dan diuji lebih baik dengan musik netral. 
 
8. Musik meningkatkan kecerdasan verbal
 
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa setelah satu bulan pelajaran musik dengan anak-anak antara usia 4 dan 6 tahun, 90% secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami kata-kata dan menjelaskan artinya. 
 
 
Penelitian lain menemukan bahwa wanita dan anak-anak yang terlatih musik mengungguli mereka yang tidak terlibat dalam musik ketika menyelesaikan tes memori verbal.***(Firda Rachmawati)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X