• Minggu, 29 Mei 2022

Doa Ziarah Nasional Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021

- Kamis, 4 November 2021 | 16:00 WIB
Ada satu doa khusus yang dipanjatkan pada waktu subuh untuk menarik rezeki. (InilahKoran/Net)
Ada satu doa khusus yang dipanjatkan pada waktu subuh untuk menarik rezeki. (InilahKoran/Net)

INILAHKORAN, Bandung - Hari Pahlawan Nasional selalu diperingati pada 10 November setiap tahunnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Tanah Air.

Puncak perjuangan para pahlawan terjadi pada peristiwa di Surabaya tahun 1945 yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan.

Tema Hari Pahlawan pada Tahun 2021 adalah 'Pahlawanku Inspirasiku'.

Tema ini mempunyai makna bahwa bagaimana setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.

Selain mengangkat tema 'Pahlawanku Inspirasiku', pada peringatan Hari Pahlawan 2021 ini juga terdapat logo resmi yang di dalamnya terdapat unsur seperti bambu runcing, pahlawan, buku, bendera merah putih, dan kepalan tangan.

Memperingati Hari Pahlawan 10 November juga bisa dilakukan dengan melakukan ziarah ke makam para pahlawan dan memanjatkan doa kepada mereka.

Berikut ini doa ziarah kubur untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Agung,
Segala puji dan syukur kami persembahkan hanya untuk-Mu, atas izin dan perkenan-Mu pada hari ini kami hadir dalam acara ziarah nasional di makam para pahlawan bangsa kami. Dengan menengadahkan kedua tangan dan wajah, kami bersimpuh di hadapan ke-Agungan-Mu, seraya melangitkan harapan dan doa-doa tulus untuk arwah para pahlawan kami, semoga Engkau melampangkan dan menerangi kuburan mereka dengan cahaya rahmat dan ampunan-Mu. Muliakanlah kedudukan mereka di sisi-Mu dan karuniakanlah surga bagi mereka, surga yang penuh dengan kenikmatan dan keridaan-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang
Kami mohon karunia-Mu yang teramat luas, mengiringi langkah dan perjuangan bangsa kami, sebagai wujud terkabulnya cita luhur dan doa tulus dari para pahlawan kami. Semoga bangsa kami memperoleh kemajuan dan kegemilangan dari semua aspek kehidupan dan hantarkanlah bangsa kamu menjadi bangsa yang Engkau ridhai dengan uluran tangan Maha-Pengasih dan Maha Penyayang-Mu. Anugerahkanlah pula bangsa kami kemampuan mensyukuri semua rahmat dan karunia-Mu. Hantarkanlah bangsa kamu menuju keadaan yang Engkay cintai dan Engkau ridhai.

Ya Allaah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Anugerahkanlah spirit kejuangan dan keteladanan para pahlawan, sebagai modal kami membangun dan merawat bangsa kami. Perkokohkanlah persatuan dan semangat kami dalam membangun negeri ini, suburkanlah cinta tanah air, tenggang rasa, dan semangat persaudaraan, gotong royong antar sesama kami. Hiasa diri kamu dengan perilaku terpuji dan nilai-nilai pengabdian dan kepahlawanan, serta jauhkan diri kami dari kesombongan dan perilaku yang tercela.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk
Sadarkan hati kami sebagai generasi penerus, bahwa kemerdekaan yang kami nikmati hari ini adalah hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para pahlawan. Oleh karena itu ya Allah, tunjukkan kami jalan yang benar, jalan yang telah ditempuh oleh para pahlawan kami dan berilah kami kekuatan dan petunjuk-Mu dalam melanjutkan perjuangan mereka untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin di bawah maghfirah dan rahmat-Mu.
Ya Allah, jadikanlah Peringatan Hari Pahlawan ini sebagai momentum membangkitkan semangat pahlawan di dada kami untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kami. Aamiin ya Robbal Alaamiin.


Itulah doa ziarah kubur untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November di tahun ini.***(Firda Rachmawati)

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Apa? BTS Sampai Bertemu Joe Biden

Jumat, 27 Mei 2022 | 16:30 WIB
X