• Kamis, 7 Juli 2022

Ada Gerhana Bulan Malam Ini, Wilayah Berikut Bisa Saksikan dengan Mata Telanjang

- Jumat, 19 November 2021 | 16:21 WIB
Fenomena Gerhana Bulan sebagian diprakirakan akan terjadi malam ini, Jumat 19 November 2021. (Sumber:Pixabay/ktphotography)
Fenomena Gerhana Bulan sebagian diprakirakan akan terjadi malam ini, Jumat 19 November 2021. (Sumber:Pixabay/ktphotography)

INILAHKORAN, Bandung - Fenomena Gerhana Bulan sebagian diprakirakan akan terjadi malam ini, Jumat 19 November 2021.

Akan tetapi, tidak semua wilayah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena tersebut.

Dilansir dari situs Edukasi LAPAN, Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat langsung dengan mata telanjang, jadi tidak memerlukan alat optik seperti Gerhana Matahari.

Baca Juga: Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia 19 November 2021, Jangan Lupa Amalkan Anjuran Rasulullah ini

Fenomena Gerhana Bulan Sebagian ini dapat diabadikan melalui kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera ponsel mode pakar maupun CCD yang terhubung dengan teleskop serta gadget.

Meskipun wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kepulauan Riau (kecuali Kepulauan Natuna dan Anambas), Kabupaten Bangka Barat, Banten, DKI Jakarta, dan sebagian Jawa Barat tidak dapat menyaksikan Gerhana Bulan sebagian, tetapi wilayah tersebut bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra.

Baca Juga: Foto: Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan masuk ke dalam penumbra Bumi. Gerhana Bulan ini akan lebih buram dan merah dibandingkan Purnama pada umumnya.***(firda rachmawati)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahas Tuntas Profesi Java Developer

Kamis, 7 Juli 2022 | 17:29 WIB
X