• Minggu, 23 Januari 2022

Raffi Ahmad Cari Nama Anak Kedua dengan Awalan R, Ini Tips Memberi Nama Bayi dalam Islam

- Jumat, 26 November 2021 | 23:00 WIB
Potret Raffi Ahmad dan Rafathar saal Nagita Slavina melahirkan anak kedua. (Twitter @GalleryRafathar)
Potret Raffi Ahmad dan Rafathar saal Nagita Slavina melahirkan anak kedua. (Twitter @GalleryRafathar)

INILAHKORAN, Bandung-Nagita Slavina telah melahirkan adik Rafathar. Ternyata Raffi telah memberi bocoran nama anak keduanya itu.

Melalui Instagram, anak kedua Raffi Ahmad akan diberinama dengan huruf awalan "R". Hal itu disampaikan Raffi pasca lahir anak keduanya.

Raffi menyebut bahwa anaknya akan diberi nama dengan huruf awal R. Dia bertanya pada netizen nama dari anak keduanya tersebut.

"Dedek Bayi ‘R’ Siapa namanya ????" ucap Raffi Ahmad dikutip dari akun Instagram @raffinagita1717, Jumat, 26 November 2021.

Baca Juga: Nagita Slavina Lahirkan Anak Kedua Secara Sesar, Segini Biaya yang Dikeluarkan Raffi Ahmad?

Dikutip dari bincangsyariah.com, ada empat tips memberi nama bayi dalam Islam.

Pertama, tidak memberi nama yang menggambarkan penghambaanya kepada selain Allah. Ini sesuai dengan hadis riwayat Muslim,

‏إنَّ أحَبَّ أسْمائكُمْ إلى اللّه عَزَّ وَجَلَّ عَبْدُ اللّه، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ

"Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah Swt. adalah Abdullah dan Abdurrahman."

Kedua, memberi nama yang baik. Ini sesusai dengan hadis riwayat Abu Dawud dari Abu ad-Darda’ ra., Rasulullah Saw. bersabda,

Baca Juga: Ini 15 Rekomendasi Nama Anak Kedua Raffi Ahmad yang Berawalan Hurif R, Kamu Bisa Pakai

إنَّكُمْ تُدْعَوْنَ يَوْمَ القِيامَةِ بأسْمائكُمْ وأسماءِ آبائِكُمْ فأحْسِنُوا أسْماءَكُمْ‏

"Sesungguhnya kalian akan dipanggil di hari kiamat dengan nama-nama kalian serta nama ayah kalian. Maka, perbaguslah nama kalian."

Ketiga, dilarang memberi nama yang buruk. Hal ini diterangkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Samurah bin Jundub ra.,

عن سمرة بن جندب رضي اللّه عنه قال‏:‏ قال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم‏:‏ ‏”‏لا تُسَمِّيَنَّ غُلامَكَ يَسَاراً، وَلا رَباحاً، وَلا نَجاحاً، وَلا أفْلَحَ، فإنَّكَ تَقُولُ أثَمَّ هُوَ‏؟‏ فَلا يَكُونُ،

"Dari Samurah bin Jundub ra., beliau berkata : Rasulullah Saw. bersabda: Jangan kalian kasih nama anak kalian dengan nama Yasar (kiri), Rabaahan (untung), Najaah (untung), dan Aflah (menang). Karena sesungguhnya kalian menamai demikian, apakah mereka akan (pasti) seperti itu)? Tentu tidak (tentu)."

Baca Juga: Usai Nagita Slavina Melahirkan Anak Kedua, Raffi Ahmad Sebut Nama Bayinya Berinisial 'R'

Keempat, sebaiknya memberi nama saat di hari ke-7 ketika sang anak diakikahi. Namun, memberi nama anak sejak hari pertama lahir tidak sama sekali ada larangan.

Jadi baik di hari pertama atau saat di hari ke-7, itu juga diperbolehkan. Kisah ini dikisahkan langsung oleh Abu Musa al-Asy’ari ra.

ولد لي غلام فأتيت به النبي صلى الله عليه وسلم فسماه إبراهيم، حنكه بتمرة، ودعا له بالبركة

"Anakku dilairkan, lalu aku mendatangi Nabi Saw. dan beliau menamainya dengan nama Ibrahim. Beliau lalu mentahniknya dengan kurma, dan mendoakan keberkahan kepadanya." (Muttafaqun ‘Alaihi).***(Yosep Saepul Ramdan)

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X