• Sabtu, 22 Januari 2022

Komposer Musikal Stephen Sondheim Tutup Usia

- Sabtu, 27 November 2021 | 09:42 WIB
Stephen Sondheim (kanan). (Twitter/Letterboxd) (antarafoto)
Stephen Sondheim (kanan). (Twitter/Letterboxd) (antarafoto)

INILAHKORAN, Bandung-Komposer dan penulis lirik yang merevolusi teater musikal Amerika Stephen Sondheim, meninggal dunia di usianya yang 91 tahun, The Hollywood Reporter melaporkan pada Sabtu.


Ia terkenal dengan karyanya seperti "Company", "Sweeney Todd", "Sunday in the Park With George", dan "Into the Woods".

Sondheim, yang dibimbing oleh Oscar Hammerstein II dan Leonard Bernstein dalam meraih sembilan Tony Awards, Pulitzer Awards, Oscar dan delapan Grammy selama karirnya yang tak tertandingi, meninggal Jumat pagi di rumahnya di Roxbury, Conn, menurut pengacara dan temannya, F. Richard Pappas, seperti dikutip oleh New York Times.

Pada akhir 1950-an, Sondheim memasukkan kata-kata ke musik Bernstein untuk produksi asli "West Side Story" (“Maria,” “America”), kemudian berkolaborasi dengan Jule Styne di "Gypsy" (“Everything’s Coming Up Roses”).

Baca Juga: Sketsa Ismail Marzuki Jadi Google Doodle Hari Pahlawan 2021, Ini Jejak Karya sang Komposer

“Send in the Clowns,” karyanya dari "A Little Night Music", drama tahun 1973 yang terinspirasi oleh "Smiles of a Summer Night" karya Ingmar Bergman, telah direkam oleh penyanyi terkenal seperti Frank Sinatra, Judy Collins, Barbra Streisand.

Ia menulis hanya dengan menggunakan pensil Blackwing — merek itu sudah keluar dari produksi bertahun-tahun yang lalu, jadi dia membeli persediaan seumur hidup. Warga New York senang dengan permainan kata, dan liriknya dipuji karena kecerdasan dan kerumitannya.

Sondheim sering kali membahas materi pelajaran yang jauh lebih gelap daripada kisah-kisah yang membangkitkan semangat dari musikal yang khas, dan produksinya tidak membuat penonton keluar dari teater dengan tersenyum dan bersenandung.

Baca Juga: Pemdes Cimandala Gelar Acara Seni, Musik, Budaya dan Pameran UMKM di Vivo Mall


Selama masa kreatifnya yang paling subur, Sondheim berkolaborasi dengan produser-sutradara Hal Prince.

Mereka berpasangan pada sembilan musikal yaitu "West Side Story" (1957), "A Funny Thing Happened on the Way to the Forum" (1962), "Company" (1970), "Follies, A Little Night Music" (1971), " Pacific Overtures" (1976), "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street" (1979), "Merrily We Roll Along" (1981) dan "Bounce" (2003).

Suara asli Sondheim juga ditampilkan dalam film "Tick...Tick...Boom!" (2021) yang dibintangi Andrew Garfield, dan disutradarai oleh Lin-Manuel Miranda.***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X