• Selasa, 17 Mei 2022

AMD Ryzen 5000 Series jadi Kado Lima Tahun Perjalanan AMD Indonesia di Industri Prosesor

- Minggu, 12 Desember 2021 | 00:42 WIB
Product and Retail Enablement, AMD Indonesia, Donnie Brahmandika yang mempresentasikan kilas balik perjalanan AMD Ryzen Mobile selama 2021 dalam media gathering, Kamis 9 Desember 2021. Perkenalan AMD Ryzen 5000 series menjadi kado lima tahun perjalanan AMD Inonesia (Istimewa)
Product and Retail Enablement, AMD Indonesia, Donnie Brahmandika yang mempresentasikan kilas balik perjalanan AMD Ryzen Mobile selama 2021 dalam media gathering, Kamis 9 Desember 2021. Perkenalan AMD Ryzen 5000 series menjadi kado lima tahun perjalanan AMD Inonesia (Istimewa)



INILAHKORAN, Bandung,- AMD 5000 series menjadi kado perjalanan lima tahun AMD Indonesia dalam menapaki industri prosesor.

Perkenalan AMD Ryzen 5000 series digelar dalam acara media gathering lima tahun AMD Indonesia, secara hybrid bertajuk Kaleidoskop AMD Ryzen Mobile Sepanjang 2021, Kamis, 9 Desember 2021.

AMD Ryzen 5000 series yang diluncurkan 2021 itu juga sekaligus menjadi upaya AMD Indonesia memanjakan para gamer, content creator, serta profesional, di lima tahun perjalanannya.

Baca Juga: Netizen Dibuat Geram Usai Rachel Vennya Dinyatakan Bebas Hukuman Karena Dianggap Sopan

Product and Retail Enablement, AMD Indonesia, Donnie Brahmandika mengungkapkan, usia lima tahun bagi AMD Indonesia belumlah cukup untuk mempertahankan eksistensinya di industri prosesor.

Menurut Donnie, masih banyak hal yang harus dilakukan AMD Indonesia untuk terus memperkuat bisnisnya.

Donnie mengatakan, eksistensi prosesor AMD seri Ryzen berawal dari ajang Computex 2017. Saat itu, AMD berkolaborasi dengan ASUS memperkenalkan laptop ROG Strix GL702QC bertenaga Ryzen pertama, menggunakan desktop CPU Ryzen 7 1700, dan GPU Radeon RX 580.

Baca Juga: Nataru, Disparbud Minta Objek Wisata Perketat Pengawasan Prokes

Dua tahun kemudian, atau pada Oktober 2017, AMD secara resmi memperkenalkan dua prosesor Ryzen mobile terbaru dengan 4 core and 8 thread.

Yakni, Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U dengan Radeon Vega sebagai kartu grafis. Prosesor tersebut disematkan pada laptop Acer, Asus ROG, HP, Lenovo, dan Dell.

Prosesor Mobile Ryzen 3000 Series Generasi Kedua, lanjut Donnie, hadir sebagai rangkaian dari prosesor seri Ryzen pada CES 2019 dengan menggunakan teknologi fabrikasi 12nm dan AMD juga merilis seri prosesor terbaru.

Baca Juga: Anggota Brimob Tegur Warga Cikole Karena Tak Bermasker


Seri ini menjadi tren pada laptop gaming ringan H-Series dikhususkan untuk performa gaming lebih kencang.  

"Pada 2020, AMD mengumumkan prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang merupakan Prosesor x86 pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm dan 8 core dan 16 thread," ujar Donnnie

"AMD Ryzen 4000U Series merupakan prosesor satu-satunya di dunia dengan 8 core untuk laptop ultrathin. Dengan hadirnya AMD Ryzen 4000 Series memberikan performa prosesor yang lebih cepat dan efisiensi daya optimal," imbuhnya.

Baca Juga: Gelorakan Semangat Silih Tulungan Melalui Lomba Kreatif

AMD juga merilis sebuah prosesor gaming namun dengan TDP yang yang lebih rendah yakni AMD Ryzen 4000HS series yang memiliki TDP 35 Watt namun dengan 8 core dan 16 thread.

AMD Ryzen HS series ditujukan untuk thin and light gaming, salah satu untuk laptop gaming portable dengan ukuran yang lebih tipis dan ramping.

"Pada 2021, AMD memberikan sebuah evolusi dengan menghadirkan Ryzen 5000 series dengan fabrikasi 7nm namun dengan arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi terdepan," tegas Donnie.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pergubi Jadi Pensihat Dalam Mengambil Keputusan


"Ryzen 5000 series juga dapat disesuaikan kebutuhan untuk para gamer, content creator, serta profesional. Tentunya akan memberikan pengalaman menakjubkan dengan performa komputasi tinggi dan ketahanan daya memukau,"jelas Donnie.

AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor dirilis untuk pengguna mainstream yang menginginkan performa yang kencang, menawarkan perpaduan performa dan efisiensi yang sempurna.

Selain performa unggul, laptop bertenaga yang tersemat AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor menawarkan pengalaman komputasi tinggi dan portabilitas yang dikhususkan untuk laptop ultrathin.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persik Kediri, Robert Alberts Tak Mau Kecolongan Lagi

Sementara di segmen premium laptop yang ditujukan bagi kalangan content creator dan gamer profesional.

AMD menghadirkan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor yang memberikan efisiensi daya maksimal dengan performa tinggi untuk mendukung ragam pekerjaan berat penggunanya tanpa hambatan pada sebuah perangkat laptop tipis, inovatif dan ringan.

"Dalam jajaran penawaran prosesor mobilenya, AMD menghadirkan seri prosesor HX dengan kelas tertinggi AMD Ryzen 9 5900HX yang memiliki kemampuan unlockable. Prosesor ini sangat cocok untuk kebutuhan para profesional konten kreator,"tukas Donnie.

Baca Juga: Detik-detik Seorang Perempuan Dijambet, Endingnya Gak Disangka!

AMD juga memperkenalkan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dirancang untuk menghadirkan performa kelas dunia, visual tajam, dan pengalaman komputasi gaming imersif.

GPU AMD Radeon RX 6000M Series memanfaatkan terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2 untuk menghadirkan performa gaming kencang.

Dengan beberapa pilihan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series diantaranya, AMD Radeon RX 6800M yang diperuntukkan hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt dengan performa gaming pada resolusi 1440p.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Sumber: AMD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu​ Terbenam – Biru Baru

Selasa, 17 Mei 2022 | 15:00 WIB
X