• Jumat, 1 Juli 2022

Hasil Studi: Vaksin Ini Lebih Tangguh Lawan Varian Omicron Ketimbang Moderna dan Pfizer

- Minggu, 19 Desember 2021 | 19:15 WIB
Ilustrasi vaksin Sputnik V lebih tangguh dari Pfizer dan Moderna dalam melawan varian Omicron. (Syamsuddin Nasoetion)
Ilustrasi vaksin Sputnik V lebih tangguh dari Pfizer dan Moderna dalam melawan varian Omicron. (Syamsuddin Nasoetion)

INILAHKORAN, Bandung- Simak hasil studi yang menyebut salah satu vaksin disebut lebih efektif melawan varian Omicron ketimbang merek Moderna dan Pfizer.

Hasil studi Gameleya Center bersama Russian Direct Investment Fund (RDIF) menyebut vaksin Sputnik V jauh lebih tangguh ketimbang Pfizer dan Moderna dalam meredam penyebaran varian Omicron.

Disebutkan, Sputnik V hanya berkurang tiga hingga tujuh kali dalam aktivitas menetralkan varian Omicron ketimbang Pfizer-BioNTech, yang berkurang 41 kali, dan Moderna 49-84 kali.

“Sejauh ini, Sputnik V menunjukkan hasil terbaik dalam menetralisasi virus Omicron jika dibandingkan dengan vaksin lain,” kata Presiden Direktur RDIF Kirill Dmitriev dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual dari Rusia, baru-baru ini seperti dikutip InilahKoran dari Inilah.com.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2020, Kick Off Malam ini Pukul 19.30 WIB

Penelitian tersebut menggunakan serum dengan periode lebih dari enam bulan setelah vaksinasi sebagai indikator perlindungan Sputnik V yang lebih lama dibandingkan dengan periode vaksin lain yang lebih singkat.

Vaksin ini memunculkan respons sel T yang kuat dan tahan lama, dan karena 80 persen epitop dalam lonjakan protein tidak terpengaruh oleh mutasi pada varian Omicron.

Karena itu, Sputnik V diperkirakan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penyakit parah yang disebabkan varian baru itu.

Baca Juga: PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Raih Penghargaan Best Supply Chain Indonesia Halal Industry Award 2021

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X