Hati-hati! Ini Bahayanya Unggah NFT Foto KTP di OpenSea

Akan tetapi, mengunggah sembarangan KTP dan dijadikan menjadi NFT di OpenSea ternyata sangat berbahaya.

Hati-hati! Ini Bahayanya Unggah NFT Foto KTP di OpenSea
Illustrasi e-KTP

INILAHKORAN, Bandung - Baru-baru ini Non Fungible Token (NFT) menjadi ramai diperbincangkan netizen usai Ghozali Everyday mendadak jadi miliader lantaran laris menjual foto selfienya di OpenSea.

Usai Ghozali Everyday banyak netizen yang turut menjual NFT fotonya di OpenSea, mulai dari foto makanan hingga Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Akan tetapi, mengunggah sembarangan KTP dan dijadikan menjadi NFT di OpenSea ternyata sangat berbahaya.

Baca Juga: Pemkab Bogor Surati Jokowi Huntap Perkendala Ganti Rugi Pohon Sawit

Heda of TokoMall Thelvia Vennieta mengatakan secara etika mengunggah KTP menjadi NFT di OpenSea juga tidak dapat dibenarkan untuk diperjualbelikan.

"Sangat berbahaya jika data pribadi diperjualbelikan melalui media apapun, termasuk lewat NFT," kata Thelvia dikutip dari Antara, Rabu 19 Januari 2022.

Menanggapi fenomena Ghozali yang sempat viral, Thelvia mengatakan hal itu mampu membuat NFT lebih dikenal di Indonesia. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang menyalahgunakan momentum tersebut.

Baca Juga: Polisi Belum Terima Laporan Soal Ujaran Arteria Dahlan

"Di sini semakin memperlihatkan bahwa masih adanya gap antara awareness dan pemahaman masyarakat akan NFT tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, perkembangan NFT di Indonesia masih dalam tahap awal sehingga diperlukan kontribusi dari semua pelaku industri.

Baca Juga: China, Rusia, Iran Gelar Latihan Militer Bersama

Thelvia menambahkan saat ini edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan tidak hanya pada teknologi dan industrinya, tetapi juga pada kebiasaan yang mendasar tentang hal yang bisa dipublikasikan dan tidak.***


Editor : inilahkoran