Profil Kang Soo Yeon, Bintang Film Korsel Era 1990-an yang Meninggal Dunia Akibat Penyakit Jantung

Aktris veteran Kang Soo Yeon asal Korea Selatan meninggal dunia di usianya yang menginjak 55 tahun akibat penyakit jantung.

Profil Kang Soo Yeon, Bintang Film Korsel Era 1990-an yang Meninggal Dunia Akibat Penyakit Jantung
Aktris asal Korsel Kang Soo Yeon meninggal dunia akibat penyakit jantung.

INILAHKORAN, Bandung- Kang Soo Yeon, bintang film Korea Selatan yang terkenal era 80-an atau 90-an, meninggal dunia dua hari setelah menderita henti jantung dalam usia 55 tahun, dikutip dari laporan Yonhap pada Sabtu.

Keluarga aktris itu mengatakan Kang Soo Yeon meninggal dunia karena pendarahan otak pada pukul 3 sore waktu setempat di sebuah rumah sakit di Seoul selatan.

Sebelumnya Kang Soo Yeon telah menerima perawatan medis di rumah sakit setelah jatuh pingsan di rumahnya pada Kamis 5 Mei 2022.
​​​​​

Baca Juga: Profil Todd Boehly Pemilik Baru Chelsea yang Gantikan Roman Abramovich

​Para pelaku industri film Korea Selatan akan segera mengorganisir sebuah komite pemakaman yang dipimpin oleh Kim Dong-ho, mantan ketua Busan International Film Festival (BIFF).

Kang lahir di Seoul pada 1966 dan melakukan debut aktingnya di Tonyang Broadcasting Company (TBC) saat berusia empat tahun. Dia membintangi sejumlah serial TV dan film serta menjadi aktris cilik terkenal di Korea Selatan.

Pada usia 21 tahun, ia memenangkan penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Venesia untuk perannya dalam "The Surrogate Womb" karya sutradara Im Kwon-taek pada tahun 1987.

Baca Juga: Kemenhub Sebut 60 Persen Pemudik Masih Belum Kembali ke Jakarta

Prestasi tersebut menjadikannya aktor Korea pertama yang memenangkan penghargaan di festival film paling bergengsi di dunia.

Dua tahun kemudian, Kang mengambil peran utama dalam film karya sutradara Im lainnya berjudul "Come, Come, Come Upward" (1989) dan menerima penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Moskow.

Berkat dua penghargaan internasional utama, ia mendapat julukan "bintang kelas dunia" dan menjadi salah satu bintang film paling dicari di Korea Selatan.

Halaman :


Editor : inilahkoran