Mengenal Vanya Kalinda Dewani, Pemilik Segudang Prestasi Hingga Medali Emas Olimpiade Matematika dan Kimia

- Selasa, 10 Mei 2022 | 11:36 WIB
Vanya Kalinda Dewani memiliki segudang prestasi hingga torehan medali emas  di olimpiade matematika dan kimia. (Istimewa)
Vanya Kalinda Dewani memiliki segudang prestasi hingga torehan medali emas di olimpiade matematika dan kimia. (Istimewa)

INILAHKORAN, BandungVanya Kalinda Dewani siswi kelas X MIPA 2 ini, memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Kurang lebih ada 36 prestasi yang diraihnya. Salah satunya adalah, olimpiade Matematika dan Kimia.

Vanya Kalinda Dewani tercatat sebagai salah satu siswi Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 3 Bandung.

Mengikuti olimpiade Matematika dan Kimia ini, kata Vanya Kalinda Dewani, sama sekali tidak mengganggu akademik, justru untuk mempelajari materi pelajaran lebih awal.

Baca Juga: Terapkan Prokes Ketat, PTM 100 Persen di SMAN 3 Bandung Lancar

Untuk mengikuti olimpiade pelajaran tersebut, kata Vanya, diperlukan persiapan yang matang. Setidaknya materi SMAN selama 3 tahun harus dikuasai terlebih dahulu, terlebih di dalam olimpiade akademik terdapat materi khusus yang tidak dipelajari di sekolah.

"Contohnya pada olimpiade Matematika terdapat materi seperti ketaksamaan, teorema fermat, dan prinsip pengisian tempat (pigeonhole principle). Begitu juga di Kimia, terdapat kimia analitik dan kimia organik (untungnya Kimia organik masih dipelajari di sekolah)," kata Vanya Kalinda Dewani, yang hobi bermain piano, biola dan olahraga catur, Selasa 10 Mei 2022.

Menurut dia, alasan mengikuti olimpiade, karena dirinya penasaran dengan soal olimpiade dan tentunya ingin menambah pengalaman. Dulu saat duduk ditingkat SMP, dirinya pernah menjadi peserta olimpiade Matematika dan IPS. Namun karena pandemi, olimpiade tersebut dibatalkan.

Baca Juga: Wujudkan Manusia Sempurna dan Cerdas, SMAN 3 Kota Bandung Gelar Smartren Ramadhan

Tujuan mengikuti olimpiade, kata dia, karena ingin mengumpulkan sertifikat sebagai modal SNMPTN. Dan dirinya juga memiliki mimpi untuk kuliah di luar negeri, salah satunya Singapura.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X