• Kamis, 7 Juli 2022

Mengenal Cacar Monyet, Penyakit yang Telah Menyerang 12 Negara di Dunia

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi cacar monyet, mengenal tanda-tanda cacar monyet. (AP)
Ilustrasi cacar monyet, mengenal tanda-tanda cacar monyet. (AP)

INILAHKORAN, Bandung - Sedikitnya 12 negara di dunia telah melaporkan adanya kasus cacar monyet sejak 13 Mei 2022 lalu. Kasus tersebut terdeteksi di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris hingga Prancis.

Monkeypox atau cacar monyet adalah infeksi virus yang biasanya ditemukan di Afrika tengah dan barat. Kasus, biasanya kelompok kecil atau infeksi terisolasi, kadang-kadang didiagnosis di negara lain, termasuk Inggris di mana kasus pertama tercatat pada 2018 pada individu yang diduga tertular virus di Nigeria.

Baca Juga: Bale Pinton Ciburuy Dibongkar Sepihak, Para Seniman KBB Merasa Dirampas Kreativitasnya

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), gejala awal cacar monyet termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening dan kedinginan, serta gejala lain seperti kelelahan.

“Ruam dapat berkembang, seringkali dimulai pada wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk alat kelamin,” kata UKHSA.

“Ruamnya berubah dan melewati tahap yang berbeda, dan bisa terlihat seperti cacar air atau sifilis, sebelum akhirnya membentuk keropeng, yang kemudian rontok." lanjutnya.

Monkeypox tidak mudah menyebar antar manusia, dan membutuhkan kontak dekat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, diperkirakan bahwa penularan dari manusia ke manusia terutama terjadi melalui air liur.

Baca Juga: Viral Bule Ini Makan Pepaya Pakai Cara yang Bikin Netizen Gregetan

“Metode penularan dari manusia ke manusia lainnya termasuk kontak langsung dengan cairan tubuh atau bahan lesi, dan kontak tidak langsung dengan bahan lesi, seperti melalui pakaian atau linen yang terkontaminasi," kata CDC.

Halaman:

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Tur Eropa Wonho, Terkahir di London

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:45 WIB
X