Anak-anak Sekolah di Rusia Nyanyikan Lagu 'Indonesia Raya' untuk Sambut Jokowi? Cek Faktanya di Sini

Beredar video anak-anak sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menyambut Presiden Jokowi, cek faktanya di sini.

Anak-anak Sekolah di Rusia Nyanyikan Lagu 'Indonesia Raya' untuk Sambut Jokowi? Cek Faktanya di Sini
Video anak-anak sekolah Rusia yang menyanyikan lagu Indonesia Raya

INILAHKORAN, Bandung - Beredar sebuah video yang memperlihatkan anak-anak sekolah di luar negeri tengah menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Video anak-anak sekolah yang menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut diunggah di akun Twitter @denyspam pada Rabu 29 Juni 2022.

Dalam keterangan video, pemilik akun menuliskan narasi bahwa anak-anak sekolah Rusia tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Sebanyak 126 Hewan Ternak di Kota Bandung Telah Divaksin PMK

Anak-anak yang memakai seragam putih hitam itu terdengar lancar saat menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama.

Tak hanya itu, mereka juga terdengar fasih menyanyikan setiap lirik lagu Indonesia Raya.

Lantas, apakah benar video tersebut merupakan anak-anak sekolah Rusia yang menyanyikan Indonesia Raya untuk menyambut kedatangan Jokowi? cek faktanya di sini.

Baca Juga: Robert Alberts Girang Piala Indonesia Kembali Bergulir

Berdasarkan hasil penelurusan Inilahkoran, video anak-anak yang menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut telah diunggah empat tahun lalu.

Video anak-anak sekolah itu diunggah di kanal YouTube Aditovich pada 21 Mei 2022. Video tersebut diberi judul 'Anak-anak sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya'.

"Sekolah "Gymnasium No. 18" kota Korolev, Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya," demikian keterangan di video tersebut.

Sementara itu, Presiden Jokowi saat ini memang tengah melakukan kunjungan dalam misi perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Rabu 29 Juni 2022.

Baca Juga: Kantongi Kekuatan Lawan, Achmad Jufriyanto Pede Persib Bisa Mengalahkan PSS Sleman

Kesimpulan:

Video anak-anak sekolah Rusia tengah menyanyikan lagu Indonesia yang diklaim untuk menyambut Jokowi adalah salah. Faktanya, video tersebut telah beredar beberapa tahun lalu.

Informasi tersebut termasuk ke dalam false context atau konten yang keliru. Disebut keliru karena memuat informasi yang tidak benar, disajikan dengan narasi dan konteks yang salah.***


Editor : inilahkoran