Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tanda Kolesterol Kamu Sedang Naik

Gejala kolesterol tinggi bisa diketahui dengan tanda-tanda nyeri di beberapa area tubuh. Di antaranya lipid serum dan nyeri punggung bawah.

Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tanda Kolesterol Kamu Sedang Naik
Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tanda Kolesterol Kamu Sedang Naik

INILAH KORAN, Bandung – Hari Raya idul Adha tak lama lagi tiba. Pada momen tersebut terjadi ritual ibadah kurban.

Pada Idul Adha juga daging-daging hewan kurban dibagikan. Sehingga hampir pasti disetiap rumah memiliki daging baik sapi maupun domba.

Namun, kamu yang mengidap kolesterol harus hati-hati dengan kenaikan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Masjid Al Ukhuwah dan Super Dede Hadirkan Solusi Belajar Matematika Asik Tanpa Panik

Walaupun pada dasarnya kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, sehingga kamu kemungkinan tidak sadar meski kadar kolesterol di dalam tubuh tengah naik.

Akan tetapi, kamu mungkin saja menyadari bahwa kolesterol tinggi saat mengalami berbagai gejala dari komplikasi kolesterol.

Gejala kolesterol tinggi bisa diketahui dengan tanda-tanda nyeri di beberapa area tubuh. Di antaranya lipid serum dan nyeri punggung bawah.

Baca Juga: Beberapa Pemain Persib Belum Mendapatkan Jatah Bermain, Ini Alasan Robert Alberts

Hasil studi yang terbit di National Library of Medicine National Institutes of Health AS, tanda nyeri pada lipid serum dan nyeri punggung bawah dinilai saling berkaitan.

Studi ini melibatkan orang dewasa berusia antara 40 dan 64 tahun yang menjalani pemeriksaan kesehatan tahunan.

Sebanyak 258.367 peserta yang memenuhi syarat dianalisis untuk menyelidiki hubungan nyeri punggung bawah dengan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C), dan rasio LDL-C/HDL-C.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Selasa 5 Juli 2022: Andin Keluhkan Masalah Pada Sal, Mama Rasa Akui Bangga

Studi tersebut menemukan bahwa rasio HDL-C yang rendah dan rasio LDL-C/HDL-C yang tinggi secara signifikan dikaitkan dengan nyeri punggung bawah.

Hal itu mengindikasikan nyeri yang dirasakan di punggung dapat menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi.

Dari hasil studi yang lain, kasus sakit perut dan penyakit penyimpanan ester kolesterol diteliti.

“Penyakit penyimpanan ester kolesterol (CESD) adalah dislipidemia yang sangat langka dengan kurang dari 150 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis," jelas studi itu.

Pasien dengan CESD sering datang dengan keluhan atipikal termasuk sakit perut, motilitas usus yang berubah, kolitis, dan analisis darah biasanya menunjukkan fungsi hati yang tidak normal.

Medicover Hospitals menjelaskan bahwa nyeri dada, terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit.

"Terkadang, rasa sakit bahkan bisa menyebar ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung," jelas Medicover Hospitals.***


Editor : inilahkoran