Cerita Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh JE, Sempat Tak Dapat Perlindungan hingga Lapor ke Komnas PA

Korban dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh JE menceritakan awal mula kasus mencuat. Mereka mengaku pernah tak dapat perlindungan.

Cerita Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh JE, Sempat Tak Dapat Perlindungan hingga Lapor ke Komnas PA
Korban dugaan pelecehan seksual oleh JE mengungkap awal mula kasus mencuat.

INILAHKORAN, Bandung - Korban dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh JE mengaku sempat melaporkan kejadian yang dialaminya kepada ketua yayasan.

Dalam podcast Deddy Corbuzier, salah satu korban mengatakan pada 2018 dirinya menceritakan tindakan yang diduga dilakukan JE tersebut dengan harapan mendapat perlindungan.

Akan tetapi, harapan tersebut tak terwujud, korban mengaku bahwa pihak yayasan tidak memberikan perlindungan kepada dirinya dan korban lain.

Baca Juga: Jeon So Min Dapat Komentar Jahat Hingga Disuruh Keluar dari 'Running Man', Netizen Beri Pembelaan

"Saya ga dapat perlindungan itu saya sampaikan apa yang saya rasain. Saya sakit liat adik kelas kakak kelas saya jadi korban," ungkap salah satu korban dikutip Inilahkoran dari podcast Deddy Corbuzier, Rabu 6 Juli 2022.

Dua tahun kemudian, korban mengatakan kasus tersebut mencuat usai salah satu temannya diduga menjadi korban pelecehan oleh JE juga.

Saat di tempat korban bekerja, ia menemukan rekaman CCTV JE yang keluar dari salah satu kamar hotel.

Baca Juga: Lebih Suka Tim Allen, Tom Hank Pertanyakan Alasan Chris Evans Jadi Pengisi Suara Buzz dalam “Toy Story”

"Sampai akhirnya di 2020 akhir karena semua pekerjaan di sana kita yang kerjain. Pas pandemi itu hotel tidak ada yang nginap, di satu sistem ada kamar yang aktif, dicek sama yang tanggung jawab," katanya.

"Setelah dibuka ada salah satu temannya kita, lalu pas dicek CCTV ada JE, pas pintu diketuk langsung lari, itu bukti pertamanya," sambungnya.

Korban mengatakan video rekaman CCTV JE tersebut mulanya hanya diketahui oleh beberapa orang yang berada di lingkungannya. Namun, video tersebut tersebar.

Kemudian, JE pun mengumpulkan beberapa orang untuk memberikan klarifikasi terkait videonya yang keluar dari salah satu kamar hotel.

Baca Juga: Dibahas di Podcast Deddy Corbuzier, Siapa Sosok Motivator JE yang Jadi Pelaku Pelecehan Seksual?

"Saya sama beberapa orang ada 10an gitu kita didudukan. Dia klarifikasi bahwa dia ke kamar yang kakak kelasnya itu untuk menenangkan karena usahanya dia lagi down karena masa pandemi," ujar korban.

Karena merasa tak percaya, ia pun menjelaskan bahwa orang-orang yang diduga menjadi korban pelecehan seksual JE pun buka suara.

"Tapi kita sebagai korban, saya dan kakak saya gak terima dengan apa yang diklarifikasi itu dan kita cerita satu sama lain. Barulah kita saling cerita," jelasnya.

Usai bercerita satu sama lain, salah satu korban akhirnya berani melaporkan kejadian dugaan pelecehan seksual tersebut ke Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

"Kita yang pertama laporin ke Komnas. Dari Komnas pernah berkunjung ke SPI, kita minta nomor teleponnya dan langsung menghubungi pak Arist merdeka Sirait," ungkapnya.***


Editor : inilahkoran