Bahas Tuntas Profesi Java Developer

Java developer merupakan profesi yang mempunyai tugas utama mengembangkan program Java yang diperlukan membangun sebuah website aplikasi

Bahas Tuntas Profesi Java Developer
Nah, apabila memang Anda tertarik untuk menggeluti profesi yang satu ini, Anda tentu harus mencari tahu tentang seluk beluk profesi Java Developer yang penting.

INILAHKORAN.Com,Bandung- Java developer merupakan salah satu profesi paling terkenal dan menjadi sasaran bagi lulusan IT di era milenial. Apa alasannya kenapa profesi ini selalu menjadi impian kawula muda?

Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai oleh oleh para programmer. Hal itulah yang menjadi salah satu indikator mengapa profesi ini begitu jadi incaran.

Java developer merupakan profesi yang mempunyai tugas utama yaitu mengembangkan program Java yang diperlukan guna membangun sebuah website atau aplikasi. Jika Anda memiliki keahlian tersebut, bisa juga mengajukan lamaran kerja di berbagai perusahaan maupun start up. Untuk contoh resume-nya bisa Anda temukan informasi selengkapnya di sini.

Nah, apabila memang Anda tertarik untuk menggeluti profesi yang satu ini, Anda tentu harus mencari tahu tentang seluk beluk profesi Java Developer yang penting.

Prospek Karir Java Developer

Dilansir dari Collabera, profesi Java developer semakin banyak dibutuhkan seiring berkembangnya teknologi. Banyak perusahaan startup yang bergantung pada website dan aplikasi untuk menjalankan bisnisnya.

Maka dari itu, hal ini bisa menjadi prospek yang baik bagi para Java Developer untuk terus melebarkan sayapnya di industri digital yang semakin luas saat ini.

Untuk bisa memulai karir sebagai Java Developer pun bisa dikatakan tidak mudah. Anda harus melalui berbagai tahapan agar memenuhi syarat sebagai Pengembang Java yang baik dengan keahlian yang mumpuni

Pendidikan dan Keahlian

Orang yang memiliki layar belakang Ilmu komputer menjadi salah satu yang dicari untuk mengisi posisi ini. Hal ini karena pada masa pendidikannya, orang tersebut tentu akan mendapatkan pendidikan dasar mengenai pemrograman Java.

Maka dari itu, mereka yang memang lulusan Ilmu Komputer memiliki peluang akan terbuka lebih lebar. Sebab, mereka telah mempunyai sejumlah dasar ilmu yang diperlukan perusahaan untuk melaksanakan tugas Java developer.

Akan tetapi, bisa saja suatu perusahaan bisa mempekerjakan seorang calon karyawan yang memiliki latar belakang jurusan yang berbeda dengan yang lain.

Namun, dengan syarat bahwa orang tersebut mempunyai skill atau kemampuan yang diperlukan serta mempunyai pengalaman kerja yang sesuai, pastinya kesempatan untuk bisa menjabat Java developer pun sangat terbuka.

Alangkah lebih baik, seorang Java developer pernah belajar serta mengikuti kursus online atau offline mengenai Core dan Advanced Java. Saat ini pun banyak kursus pemrograman yang tersebar di internet.

Tidak hanya itu, pengalaman kerja pun sangat diperlukan untuk menjabat profesi Java Developer. Sebab, teori saja tidak akan pernah cukup. Hal ini dikarenakan Java Developer pun memerlukan kemampuan supaya bisa terjun langsung di lapangan.

Maka dari itu, alangkah lebih baik Anda pun mencari pengalaman kerja sebanyak mungkin. Anda bisa mengikuti program magang atau membuat proyek pribadi dengan lebih serius.

Ketika Anda magang pastinya akan menerima bimbingan dari para Java developer yang telah lebih berpengalaman, sehingga Anda dapat mendapatkan banyak ilmu dari mereka.

Tanggung Jawab Tugas

Sama seperti yang sudah disampaikan di awal artikel, tugas serta tanggung jawab utama dari seorang Java developer adalah melaksanakan integrasi bahasa pemrograman Java demi mengmebangkan suatu website atau aplikasi.

Tidak hanya itu, profesi Java Developer ini pun mempunyai tanggung jawab pekerjaan lain yang memang cukup beragam.

Umumnya, tanggung jawab itu pun disesuaikan pada setiap perusahaan yang menaunginya. Akan tetapi, apabila ditinjau secara umum, di bawah ini adalah tanggung jawab dari Java developer yang ada di lingkungan kerja nyata.

  •     Membuat rancangan, mengimplementasikan, serta merawat aplikasi Java.
  •     Menyusun kode yang sudah dirancang dengan baik, efisien, serta bisa diuji.
  •     Memberikan kontribusi terhadap dalam seluruh fase pengembangan.
  •     Menganalisis perangkat lunak, pemrograman, pengujian, serta debugging.
  •     Mengatur serta mengelola pengembangan aplikasi Java serta Java EE.
  •     Membuat desain yang pas dengan spesifikasi yang tertera
  •     Menyiapkan serta memproduksi komponen perangkat lunak.
  •     Melaksanakan pengembangan secara kontinyu dan berkelanjutan.

Skill yang Harus Dimiliki Java Developer

  •     Memahami OS Linux atau salah satu OS Software, walaupun pada awalnya dikembangkan terhadap komputer pribadi, Linux saat ini beroperasi pada platform yang lebih banyak
  •     Analisis Sistem, memilah tentang sistem harusnya dioperasikan dan bagaimana dampaknya pada perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan pada hasil yang dikejar
  •     Pemahaman dan pengetahuan tentang Bahasa Pemrograman EJBs atau Enterprise Java Beans, SQL yang banyak diperlukan dalam proyek dengan skala besar maupun berskala kecil
  •     Pengetahuan serta pemahaman tentang Layanan web dengan basis Java, Kerangka J2EE, Analisis serta Desain Berorientasi Objek, JSP, XML, X query, XSL hingga Test-Driven Development
  •     Pemahaman serta pengetahuan mengenai REST Service yang dipakai guna mengekspos API ke layanan Web, dan Big Data Developer
  •     Memiliki pengetahuan dasar mengenai kerangka Kerja serta arsitektur mulai dari spring MVC, MVVM, ZK, Rest, JSON, sampai Hibernate.
  •     Tahu banyak tentang Pemrograman Orientasi Objek serta database integration (SSIS, OGG)

Nah, demikianlah beberapa hal tentang Java Developer yang harus Anda ketahui. Anda yang memang memiliki keinginan untuk bekerja sebagai pengembang Java wajib memahami hal di atas. Semoga bermanfaat!***

 

 

 

 

 


Editor : inilahkoran