Hadapi Musim Penghujan, Begini Langkah DPU Kota Bandung

Dinas Pekerjaan Umum (DPU)  Kota Bandung menerapkan sejumlah langkah untuk mencegah banjir di sejumlah titik. Sebanyak 250 pekerja harian lepas (PHL) pun, telah dikerahkan di daerah potensi banjir. 

Hadapi Musim Penghujan, Begini Langkah DPU Kota Bandung

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Pekerjaan Umum (DPU)  Kota Bandung menerapkan sejumlah langkah untuk mencegah banjir di sejumlah titik. Sebanyak 250 pekerja harian lepas (PHL) pun, telah dikerahkan di daerah potensi banjir

Kepala DPU Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, titik banjir di Kota Bandung saat ini tersebar di 10 wilayah, dan ada 24 titik masuk kategori genangan. Empat titik banjir besar berada di kawasan Gedebage, Kopo Citarip, Pasir Koja dan Cibaduyut. 

Baca Juga : Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa Akhirnya Bebas dari Lapas Sukamiskin

“Pembersihan gorong-gorong itu, kita jalan terus. Tapi kalau pengerukan sungai menggunakan alat berat, yang belum. Kegiatan itu akan dimulai minggu depan. Untuk PHL, sekarang bekerja untuk pekerjaan yang swakelola penataan sempadan. Jadi nanti pas musim hujan sudah fokus ke pengelolaan banjir,” kata Didi Ruswandi, Jumat 19 Agustus 2022.

Didi Ruswandi menyebut bahwa, untuk pembersihan secara rutin berada di beberapa wilayah Kota Bandung. Mencakup wilayah pamulihan sekitar Pasar Induk Gedebage, Cipamokolan, Sukagalih dan Pasteur. 

Didi pun mengimbau kepada warga untuk tertib membuang sampah pada tempatnya, terutama di daerah Citarip dan Caringin. Dia menilai dua daerah tersebut memiliki budaya penyampahan yang tidak tertib. 

Baca Juga : Luncurkan Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Ketua Adat UKM Mahacita UPI Bangga

“Di sana penyampahannya luar biasa. Saya harap itu ada perubahan perilaku, sehingga tidak nyampah. Sudah kapasitasnya kecil, ini ditambah lagi beban sampah. Mudah-mudahan lebih lancar penanganan banjir kalau tidak ada sampah,” ucapnya. 

Halaman :


Editor : asayuti